Konsumsi Nasi

Anda pernah terpikir untuk menghindari atau mengurangi makan nasi? Kok kelihatannya banyak tulisan berseliweran di internet bahwa mengurangi nasi bisa membuat badan “lebih ringan” dan lebih berenergi untuk beraktivitas ya? Sebagai disclaimer, pengurangan karbohidrat dalam bentuk nasi itu biasanya selalu dibarengi dengan olahraga sih oleh para penulisnya. Jadi, apakah memang ada dampak yang signifikan dari mengurangi konsumsi nasi?

Yang jelas, rasanya saya memang jadi makan lebih banyak semenjak pulang dari studi master. Selama di luar negeri, saya bisa saja tuh makan hanya normal tiga kali sehari. Menu standarnya: sarapan dengan roti atau sereal dan teh tawar, makan siang dengan pasta, makan malam dengan pasta — dengan saus yang berbeda terkadang. Di luar itu, saya jarang sekali jajan. Hanya tiap Jumat siang yang saya alokasikan untuk makan nasi dan kari di kafe dekat masjid. Makanan ringan pun hanya saya beli satu bungkus untuk seminggu.

Bandingkan dengan di Indonesia. Meski sudah makan nasi, tak jarang beberapa jam kemudian saya sudah lapar kembali dan mencoba mencari makanan di kulkas. Belum lagi dengan murahnya alternatif jajanan di sini. Junk food dapat dengan mudahnya dilahap. Sementara setahun yang lalu saya akan lebih memilih untuk meminum jus atau memakan buah.

Menurut yang sempat saya diskusikan dengan seorang teman yang berkutat di jurusan kimia, mungkin ini ada hubungannya dengan indeks glikemik. Jenis karbohidrat yang dikonsumsi akan menentukan jangka waktu untuk merasa kenyang. Selain itu, junk food memang didesain untuk membuat Anda mencari lebih banyak lagi. Jadi, menumpuk dosa di atas dosa. Silakan baca buku The Dorito Effect untuk mencari tahu tentang ini lebih banyak.

Jadi, bagaimana dengan diet Anda selama ini?

Tinggalkan Balasan

