Banyak Menulis

Saat ini saya sedang banyak menulis. Seperti yang sudah dijelaskan di pos sebelum-sebelumnya, dengan pekerjaan sebagai dosen tidak tetap sekarang, banyak tulisan yang harus saya hasilkan. Tugas, ujian, dan tentunya materi kuliah merupakan beberapa hal yang menjadi materi tulisan yang mengisi hidup saya di beberapa minggu terakhir. Tidak heran, jumlah tulisan di blog ini pun jadi berkurang. Sudah ada alternatifnya.

Dengan cukup banyak materi tulisan tiap minggunya dari dua kuliah yang harus saya ampu di semester ini, praktis, tenaga saya cukup terkuras untuk itu. Saya merasa sudah cukup produktif dari sisi penulisan. Jadi, yah, tulisan yang mungkin “tidak terlalu penting” seperti blog ini jadi dikesampingkan dulu.

Salahkah ini?

Well, nyatanya, beberapa dosen-dosen terkenal di dunia yang saya geluti tetap rajin menulis blog kok meski tumpukan utang penulisan ilmiah terus menggunung. Tentu saja selalu ada hal-hal trivial maupun non-trivial yang bisa ditulis tiap harinya. Contohnya, sekadar analisis terhadap tren di arXiv seperti tulisan Andrej Karpathy ini mungkin tidak akan terlalu banyak menguras pikiran.

Jadi, mungkin kurang tepat rasanya kalau saya beralasan kesibukan saya di kampus membuat saya jadi meninggalkan blog ini. Seharusnya, blog ini tetap bisa ditulis meski masih banyak utang tulisan lain yang “menuntut” untuk dituangkan. Belum lagi melihat bagaimana kerasnya usaha para peneliti di Google Brain untuk mendistilasi ilmu machine learning yang sekarang sedang sangat berkembang itu melalui distill.pub. It’s a mountain of research debt.

Mari menyesuaikan waktu agar lebih produktif menulis…

Tinggalkan Balasan

