Menjadi Dosen

Ternyata menjadi dosen itu cukup menantang juga. Banyak cerita yang sudah dialami setelah tiga minggu mengajar di kampus. Agak repot juga karena saya jadi punya kesibukan di tiap minggunya untuk mencari materi-materi untuk disampaikan di kelas. Tentunya materi ini harus dibuat serelevan mungkin dengan perkembangan teknologi yang ada. Sebisa mungkin, materinya juga dibuat praktikal supaya bisa mudah digunakan dalam realita dunia kerja.

Hal lain yang bikin repot adalah belum adanya asisten akademis yang bisa membantu persiapan semua materi tersebut. Oh iya, di luar materi perkuliahan, saya masih harus menyiapkan praktikum, kuis, dan tugas. Tiap komponen tersebut mesti disiapkan solusinya dan tentunya diberikan feedback agar dapat dijadikan bahan evaluasi bagi tiap mahasiswa. Sayangnya, ketiadaan asisten akademis membuat saya masih terlewat untuk memberikan feedback dengan lebih cepat.

Tantangan lainnya dari menjadi dosen adalah bagaimana supaya mahasiswa terpancing rasa ingin tahunya. Tampaknya, ini memang bukan hal yang saya hadapi sendiri saja. Dosen sekaligus mentor saya di ITB dulu juga mengalami hal yang serupa. Saya pikir banyak dosen yang sebetulnya mengharapkan pertanyaan dari mahasiswanya – sebagai bentuk feedback juga apakah materi yang disampaikan sudah dapat dipahami atau belum.

Bicara masalah rasa ingin tahu, ini juga berkaitan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mengharuskan adanya penelitian dari kampus. Tanpa adanya rasa ingin tahu tersebut, tentu saja penelitian akan mandek. Bahkan, sudah ada rasa ingin tahu pun, pertanyaan-pertanyaan yang muncul masih harus dipertajam lagi. Tentu saja ini juga bukan hal yang mudah.

Nah, apakah Anda tertarik untuk menjadi dosen?

Iklan

2 tanggapan untuk “Menjadi Dosen

    1. Sulitnya karena yang satu kuliah baru sehingga enggak ada yang sudah familiar, sedangkan yang satu lagi mata kuliah tingkat tiga dan cara mengajar dan kakasnya diganti, jadi ngga nemu anaknya.

      Kalo kamu bisa Python atau jago data mining sih boleh loh, Tha. 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s