Semester Baru

Akhirnya semester baru sudah dimulai. Besok akan jadi hari pertama saya mengajar di semester genap tahun ajaran 2016/2017. Tidak tanggung-tanggung, dua mata kuliah sekaligus menunggu saya di esok hari! Dilihat dari jumlah peserta kelasnya, mudah-mudahan ini menunjukkan bahwa anak-anak tidak kapok dengan pengalaman empat pertemuan dengan saya di semester lalu.

Ada dua mata kuliah yang dititipkan kepada saya di semester ini: Pemrograman Python dan Data Mining. Kelas yang pertama itu baru berhasil dibuka setelah sekian lama kurang peminatnya sehingga terpaksa tidak dibuka, sementara kelas yang kedua rutin dibuka meski peminatnya memang masih dapat dihitung jari. Ini mengakibatkan kuliah Pemrograman Python praktis harus disusun dari awal: materi, tugas, dan modul praktikumnya. Agak sulit juga mengingat belum ada yang bisa dimintai bantuan sebagai asisten akademis.

Tentu saja, persiapan kedua kuliah tersebut tidak akan lepas dari bantuan banyak pihak. Dosen yang mengampu mata kuliah tersebut sebelumnya, teman-teman yang memang berkecimpung di dunia industri dengan memanfaatkan ilmu dari mata kuliah tersebut, materi yang saya pelajari di S1 dan S2 dulu, hingga materi yang saya pelajari melalui kursus daring tentu memberikan kontribusi terhadap bagaimana kedua kuliah tersebut disusun. Yang jelas, kedua mata kuliah tersebut memiliki beberapa materi yang beririsan sehingga dapat menunjang satu sama lain untuk mendapatkan pemahaman yang lebih komprehensif.

Semoga saja kelas-kelas tersebut bisa jadi menyenangkan!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s