Membagi Tempat Bercerita

Berapa banyak akun media sosial yang Anda punya? Facebook? Twitter? Instagram? Snapchat? Apa yang membedakan akun-akun tersebut? Jangan-jangan Anda membuat pengagihannya supaya terintegrasi – satu kali pos untuk semua?

Saya sendiri cenderung membagi-bagi tempat untuk bercerita. Untuk media sosial, saya menggunakan Facebook, Twitter, dan Instagram, dengan fungsinya masing-masing: Facebook untuk lingkungan pertemanan yang paling luas, termasuk keluarga; Twitter untuk ocehan sehari-hari yang tidak perlu diketahui terlalu banyak orang; dan Instagram yang dibuka tetapi tidak punya target khusus selain sebagai jurnal untuk perjalanan pribadi.

Kasusnya tidak begitu berbeda dengan blog. Dulu blog ini memang diniatkan untuk menampung tulisan-tulisan yang serius, yang biasanya merupakan hasil kontemplasi terhadap hal-hal yang mengusik batin. Tulisan-tulisan yang lebih ringan dulu saya simpan di Multiply – yang sekarang sudah tutup layanannya. Nah, di luar dua blog utama yang sekarang jadi tinggal satu itu, saya juga punya penampung tulisan yang sifatnya lebih personal lagi dan satu tempat yang cenderung lebih teknis di GitHub Pages.

Pembagian itu lebih karena fungsionalitas yang disediakan dari masing-masing platform sih. Di GitHub Pages, saya bisa menambahkan MathJax untuk formula matematis dan memasukkan blok kode contoh dengan lebih mudah. Dua hal tersebut sekarang juga sudah disediakan oleh WordPress sih, tetapi yang jelas, jika diperlukan, fitur yang belum ada seperti animasi yang membutuhkan script khusus pun tampaknya tidak sulit untuk diintegrasikan.

Satu blog lagi dibuat lebih personal karena memang ada hal-hal yang tidak perlu semua orang tahu, tapi tetap perlu tempat untuk “menceritakannya”. Menulis itu katanya memang mampu memberikan efek terapi, jadi ya lahirlah blog yang lebih privat tersebut. Namun, mungkin saya perlu memindahkannya menjadi jurnal yang membutuhkan pulpen dan kertas jika memang ceritanya benar-benar hanya berfokus pada hal-hal yang privat sekali ya?

Berapa banyak blog yang Anda punya?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s