The Soleh Solihun Interview

Pagi ini saat mencoba random walking di YouTube untuk mencari tontonan menarik, saya sampai ke kanal buatan Soleh Solihun, seorang stand up comedian atau komika yang sempat menjadi wartawan musik di majalah Rolling Stones. Di kanal tersebut, yang diwawancarai adalah para selebritis yang sebagian besarnya juga diisi oleh komika atau komedian juga. Sebut saja Pandji Pragiwaksono, Raditya Dika, Ernest Prakasa, hingga Boris Bokir dan Mongol.

Karena memang dasarnya adalah wartawan, pertanyaan yang dimunculkan Soleh Solihun cukup menggelitik dan membuka wawasan terhadap sisi yang mungkin jarang diliput oleh media mainstream. Salah satu pertanyaan ke Raditya Dika, misalnya, yang difokuskan ke kesukaannya mendengar dan bermain musik jazz yang ternyata juga mempengaruhi cara-caranya dalam berkarya. Di balik materinya yang cenderung sederhana buat banyak orang, teori dan teknis sebenarnya merupakan hal-hal yang sangat diperhatikan oleh Raditya Dika dalam membuat karyanya. Ini terlihat dalam bagaimana dia menikmati musik jazz.

Di video yang lain, Soleh yang juga sempat menjadi penyiar radio ini juga mengulas bagaimana Komeng memandang peranan bakat dalam berkarya. Di samping itu, diungkap pula “rahasia” spontanitas dan kejituan Komeng dalam mengeluarkan celetukan-celetukan segar. Dalam durasi sekitar 11 menit, sejarah dan perjalanan karier Komeng bisa dibuat seolah menjadi sebuah narasi yang mengalir.

Namun, salah satu favorit saya tetaplah wawancara dengan Maman Suherman. Mulai dari cerita di balik plontosnya mantan pimpinan redaksi Kompas Gramedia ini, hingga pandangan mengenai minat baca dan menulis yang masih sangat kurang di Indonesia dibahas dengan sangat menarik dan berbobot. Saking serunya, video ini menjadi terasa sangat singkat – membuat ketagihan! Padahal, tak kurang dari 23 menit dihabiskan dalam rekaman yang hanya dilakukan menggunakan kamera ponsel ini.

Apa hiburan Anda di akhir pekan ini?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s