Tahun Baru

Awal tahun ini berarti banyak hal yang baru yang akan saya mulai. Dengan selesainya pendidikan master saya, ada banyak tantangan baru yang menunggu di depan. Mengurus bisnis dan mengajar adalah dua hal utama yang kelihatannya akan mengisi kesibukan saya di tahun 2017 ini.

Kesibukan Baru

Sepulangnya saya dari UK, ternyata banyak hal yang cukup tertinggal dari bisnis yang sudah saya dan beberapa orang teman coba kembangkan sejak sekitar satu setengah tahun yang lalu. Beberapa administrasi yang harusnya menjadi dasar dalam bergerak agaknya masih terutangkan dan menunggu untuk segera dibereskan. Selesainya urusan administrasi ini juga harapannya bisa membuat bisnis ini berkembang dengan lebih pesat. Seperti motto Facebook, “Move fast and break things!”

move_fast_and_break_things
Jangan diambil terlalu harfiah ya mottonya | Sumber: xkcd

Mengajar juga jadi hal yang tampaknya akan menyenangkan di tahun ini. Setelah “dijebak” untuk mengisi sekitar 9 SKS di semester genap, mau tidak mau ada banyak salindia yang harus saya persiapkan. Ini juga berarti saya harus belajar lagi dan membongkar-bongkar memori tentang materi tersebut saat saya jadi mahasiswa dulu. Ada beberapa hal yang rasanya ingin saya uji cobakan di kelas nanti: jenis tugas baru, membuat soal-soal ujian, live coding, dan beberapa aktivitas lainnya. It’s going to be exciting!

Merutinkan yang Lama

Meski akan banyak mencoba hal yang baru, tentu kebiasaan lama yang sudah baik perlu ditingkatkan lagi, misalnya kebiasaan membaca buku yang harus dipersering atau olahraga yang perlu lebih rutin. Capaian saya di tahun lalu untuk dua hal ini kelihatannya lebih rendah dibandingkan tahun 2015. Sangat disayangkan bahwa resolusi saya belum tercapai juga untuk dua hal yang cukup krusial ini.

Selain itu, semenjak pulang kembali ke Indonesia bulan September lalu, frekuensi menulis blog pun menjadi berkurang drastis. Target 52 tulisan di tahun 2015 berhasil tercapai di akhir tahun, tetapi menaikkannya menjadi dua kali lipat di tahun 2016 agaknya terlalu ambisius. Untungnya, ini bisa sedikit tergantikan dengan adanya publikasi makalah yang berhasil dikejar di akhir tahun kemarin. Harapannya sih bisa tetap rajin menulis di blog meski tetap mengejar penulisan di media yang lain.

Yang jelas, banyak mainan yang akan seru!

Tinggalkan Balasan

