Konsisten Menulis

Beberapa hari ini pikiran saya lebih banyak tercurahkan untuk menulis makalah. Walhasil, kelihatannya kegiatan menulis blog jadi agak terganggu. Rasanya seperti sudah menulis banyak begitu, jadi mau menulis lagi kok ya jadi malas. Padahal kan menulis blog seperti ini harusnya bebannya tidak terlalu berat ya. Haduh.

Tidak bisa dipungkiri bahwa sebetulnya kuantitas itu penting dalam urusan menulis. Mungkin itu sebabnya juga banyak yang mempublikasikan makalahnya melalui situs ArXiv sebelum dimuat oleh jurnal atau prosiding yang diulas oleh orang lain. Lucunya, ada juga makalah yang jadi lebih terkenal versi ArXiv-nya dibandingkan versi jurnal atau prosidingnya. Biasanya ini karena idenya sangat praktikal dan revolusioner sehingga cepat diadopsi orang lain, misalnya makalah tentang XGBoost ini.

Mencari materi untuk ditulis juga terkadang menjadi kendala utama bagi banyak orang. Writer’s block, katanya. Ini juga yang membedakan media untuk menulis bebas seperti blog dengan karya yang membutuhkan ide yang solid seperti makalah. Tidak heran banyak orang yang lebih senang berkutat dengan eksperimennya dibandingkan menulis hasil eksperimen tersebut. Masalahnya, cuma dengan tulisan itu lah ide yang kita eksekusi dalam eksperimen bisa dikembangkan lagi oleh orang lain.

Apakah Anda sudah cukup konsisten menulis?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s