Bye, Edinburgh…

Sudah hampir setahun ya.

Hari ini saya beres-beres kamar. Membuang barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi dan memasukkan benda-benda yang mungkin akan diberikan kepada para penghuni kota ini berikutnya. Semua jadi terlihat semakin sepi.

Flat 4 Room 7

Dinding kamar flat empat nomor tujuh ini tidak lagi dihiasi post-it notes yang berisi berbagai catatan: kosakata baru, rumus-rumus yang njelimet, hingga pengingat jadwal kuliah dalam seminggu. Lemari pun sudah mulai kosong, tinggal jas, jaket tebal, hoodie, dan seprai berwarna hijau pucat itu. Belasan gantungan baju masih tersisa, tapi tak ada lagi sweater atau baju yang bergantung padanya.

Besok, saya akan meninggalkan kamar ini, tempat saya menghabiskan hidup selama setahun terakhir. Dari kamar ini saya melihat daun-daun berguguran setelah beberapa bulan sampai di kota ini. Dari kamar ini juga saya melihat pohon-pohon itu kemudian meranggas saat musim dingin tiba. Dan tidak mungkin saya lupakan salju yang jatuh di awal bulan Desember itu.

Tentang Rindu

Ada perasaan aneh yang menyelimuti hati ini. Semua campur aduk jadi satu. Sedih, karena akan meninggalkan kota yang telah memberikan banyak kenangan ini. Senang, karena artinya saya akan bertemu dengan keluarga lagi dan teman-teman. Bersemangat, karena saya tahu ada tantangan baru yang menunggu di tanah air. Juga rindu, yang entah mengapa sudah muncul meski masih bisa bertemu.

Saya mencoba menikmati hari-hari terakhir di kota penuh cerita ini. Menikmati berbagai sudut kota ini sebelum tak lagi saya tinggali. Sempat saya bilang pada ibu, “Main-main sebelum pulang, Bu. Nanti kan sudah susah mau ke sini lagi.”

Namun, bukan ibu namanya kalau tidak optimis. “Ya enggak lah, Kak. Kalau rezeki enggak ke mana.”

img_0001
Pulang

Semoga.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s