Perpustakaan

Ceritanya, hari ini saya sudah meniatkan untuk mampir ke perpustakaan untuk mencari sebuah buku yang direkomendasikan teman saya. Berhubung ini buku “berat”, maka sayang kalau beli tapi ternyata cuma terpakai sebagian. Jadilah saya memilih untuk melihat-lihat bukunya terlebih dahulu di perpustakaan. Alhamdulillah, perpustakaan kampus cukup lengkap untuk urusan begini.

Saya selama kuliah di sini tergolong jarang ke perpustakaan, apalagi ke perpustakaan dengan niatan untuk membaca atau meminjam koleksinya. Hidup yang serba digital membuat saya lebih memilih untuk mencari artikel atau jurnal di internet. Namun, ternyata selalu ada saja hal yang masih perlu kita cari di buku ya?

Jalan-jalan ke perpustakaan kali ini ternyata menyenangkan. Jauh lebih menyenangkan daripada yang saya duga di awal. Niatan hanya untuk mencari satu buku berubah menjadi jalan-jalan, lihat-lihat, bahkan akhirnya meminjam buku tersebut.

Proses peminjamannya mudah sekali. Tidak perlu berurusan dengan orang lagi. Saya tinggal datang ke komputer khusus yang disediakan, lalu tinggal memindai barcode yang ada di kartu mahasiswa dan di buku yang ingin saya pinjam. Tidak sampai 2 menit proses peminjaman pun selesai. Canggih ya?

IMG_20160705_174013111_HDR
Komputer untuk self-checkout

Terakhir saya tahu, di perpustakaan pusat ITB masih belum memakai sistem yang seperti ini. Namun, sudah cukup lama sejak terakhir kali saya meminjam buku di sana. Ada yang tahu perpustakaan di Indonesia yang sudah memakai sistem peminjaman seperti ini?

IMG_20160705_175051051
Biar kelihatan keren

Ah, kalau tahu semenyenangkan ini, mungkin saya bakal lebih sering ke perpustakaan dari kemarin. 😛

Tinggalkan Balasan

