Jam Biologis

Salah satu tantangan hidup di negeri empat musim adalah perbedaan penanda waktu yang bisa cukup drastis. Maksud saya di sini adalah bagaimana terbit dan terbenamnya matahari bisa bergeser cukup jauh dalam kurun waktu sebulan. Yang paling terlihat merepotkan memang dari perubahan waktu shalat, karena bahkan ada waktu-waktu isya’ dan subuh yang tidak bisa diamati dan terpaksa diestimasi. Namun, ternyata ini juga mempengaruhi hal sesederhana jam makan.

Saya benar-benar baru merasakan enaknya hidup di negara tropis yang panjang waktu siang dan malamnya tidak banyak berubah. Kalau sudah gelap, itu tandanya sudah waktunya makan malam. Sebaliknya, kalau fajar sudah menyingsing, maka saatnya membuat sarapan. Sesederhana itu.

Saat musim dingin yang lalu sebenarnya tidak begitu terasa, karena toh makan malam yang agak terlambat itu tidak terlalu aneh buat saya. Kalau sudah gelap, tinggal tunggu sampai perut mulai bergemuruh sebagai penanda waktu makan. Masalahnya, saat musim semi seperti ini, perut sudah bergemuruh, tapi langit belum gelap. Rasanya aneh untuk makan malam ketika bahkan malamnya saja belum tiba. Padahal, waktu sudah menunjukkan pukul hampir jam sembilan malam!

Untungnya jam tidur tidak terlalu terpengaruhi dengan ini. Matahari masih terbit di sekitar pukul empat atau lima pagi, meskipun waktu subuh sudah dimulai dari pukul dua dini hari. Jadi, di luar kebutuhan untuk menyesuaikan diri saat Ramadan tiba kelak, seharusnya semua masih aman terkendali.

Saya jadi terpikir, di Indonesia yang waktu siang dan malamnya cenderung jelas, mengapa alokasi waktu orang-orangnya malah tidak jelas ya? Di negara empat musim yang waktu siang dan malamnya sering berganti malah terkenal sebagai orang-orang yang disiplin. Aneh enggak sih?

Mengapa bisa begitu ya?

Iklan

Satu tanggapan untuk “Jam Biologis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s