Procrastinate

I know. I know. Harusnya saya menyelesaikan proposal disertasi, bukannya sibuk menulis blog. Namun, kali ini saya perlu curhat sedikit di tengah segala kepenatan ini. Saya sedang agak depresi karena tiap kali buka Facebook itu yang muncul adalah orang-orang yang sedang bahas soal ujian tahun-tahun lalu. Saya harusnya sudah seperti mereka, tapi ini malah masih berkutat dengan proposal yang sebenarnya cuma akan dinilai lulus/gagal ini.

Intinya, saya butuh hiburan yang singkat. Mengapa? Karena hidup saya agak tidak teratur; si instant gratification monkey belum kabur juga. Bukunya om Bishop sudah menunggu di meja untuk dibaca, tapi hebatnya otak ini masih saja mencari alasan untuk bersantai sejenak. Ujian sudah tinggal dua minggu lagi, coy! Gila, memang.

igmrdminteracting1
Instant gratification monkey | Sumber: Wait but Why

Saya sempat mencoba untuk menjadwalkan kegiatan per minggu. Namun, di luar yang memang wajib, biasanya tidak akan dikerjakan. Teknik pomodoro juga nampaknya belum berhasil buat saya. Kenapa? Ya karena saya tidak punya hiburan yang sifatnya singkat. Saya perlu hiburan yang selesai dalam 5 menit sehingga saya bisa kembali ke pekerjaan dengan cepat.

Mungkin menulis seperti ini bisa jadi hiburan singkat itu ya? Lah, tapi kalau yang sedang dikerjakan itu menulis proposal, hiburannya sebelah mana? Hiburan apa ya yang bisa dihentikan di tengah-tengah dan tidak merasa rugi meninggalkannya?

Ada usul, pemirsa?

3 tanggapan untuk “Procrastinate

  1. Hmm..kalau mini-games gimana, Li? kalau di kasusku, aku main Solitaire, Tetris, atau Pinball. Tiap ronde butuh kurang dari 15menit. Solitaire bahkan ga sampe 5menit per sesi. Mini games ngasih sense of ‘instant reward’ dan mecahin rekor sendiri itu ngasih tujuan (semu). Coba aja cari mini game yg sistemnya per-sesi, jadi gampang berhentinya.

    Aku punya love-hate relationship antara menulis dan menggambar, jadi kalau deadline desain aku menghibur dengan menulis, kalo deadline menulis aku menghibur dengan menggambar. Muehehe. Doodling ga butuh waktu lama. Atau coloring book in pocket size? Lagi ngetrend tuh.

    Ide lain dari temanku: on-off internet. Jadi hadiah 5 menit itu kesempatan akses internet, tapi diluar itu mati. Tapi trik ini cuma untuk kerjaan yang ga butuh koneksi internet sih.

    Anw, Good Luck!

Tinggalkan Balasan

