Creativity, Inc.

Saya sedang membaca buku Creativity, Inc. karya Ed Catmull. Bukunya seru sekali, tentang perjalanan Pixar dulu sampai sekarang, hampir setiap bab ada hal yang bisa saya highlight! Bagaimana mereka berawal dari beberapa orang yang ternyata sama-sama mengangumi Disney, perbedaan bayangan mereka tentang Disney dan kenyataan yang ada, sampai akhirnya mereka diakuisisi oleh Disney, semua diceritakan dengan sangat menarik. Semua membuat saya gatal untuk terus berkreasi di sela-sela waktu kuliah ini.

Mimpi saya suatu saat adalah punya sebuah “tempat bermain” sendiri, sebuah industri kreatif. Google telah lama menjadi panutan saya untuk hal seperti ini, tapi setelah membaca buku ini, saya jadi memasukkan Pixar sebagai bagian dari contoh ideal. Satu kesamaan yang membuat saya semakin yakin dengan jalan yang saya tempuh sekarang adalah kenyataan bahwa Ed Catmull, penulis buku Creativity, Inc., ternyata seorang doktor!

Membangun Kreativitas dari Kejujuran

Pixar sendiri awalnya memang dibangun dengan landasan perkembangan teknologi animasi tiga dimensi dengan bahan bakar mimpi untuk menciptakan cerita-cerita yang kelak dikenang orang. Membuat film yang medioker menjadi hal yang sangat tidak diinginkan di Pixar, tetapi menghadapi kegagalan dalam proses mencapai tujuan itu adalah suatu keniscayaan. Semua orang tidak perlu takut berbuat salah, dan jangan sungkan pula menyampaikan kritik jika dirasa ada yang tidak beres.

Nah, poin yang terakhir itu yang kadang masih sulit buat saya. Saya pernah jadi orang yang terbiasa menegur orang lain tanpa memfilter omongan saya, karena saya tahu kebenarannya. Masalahnya, cara saya menyampaikannya terkadang terlalu keras sehingga orang-orang malah menjadi segan. Ini yang saya coba perbaiki, yang sekarang malah berujung pada saya yang sulit sekali untuk memunculkan keberanian untuk menegur.

Keseimbangan

Pada akhirnya, keseimbangan itu sesuatu yang amat praktis. Sehebat apapun kita menyampaikan teori bagaimana menyeimbangkan diri, itu semua tidak menjamin kita kan dengan mudah menyeimbangkan segala sesuatunya. Menjadi seimbang juga bukan berarti tidak mengambil sikap. Karena, laiknya belajar naik sepeda, kita hanya akan bisa seimbang ketika terus bergerak.

3867932646_f67eb71bf8_b
Ilustrasi | Sumber: https://www.flickr.com/photos/paulhami/3867932646/

Nah, dalam bersepeda juga jatuh itu menjadi suatu hal yang biasa. Dan tidak ada yang bisa disalahkan dengan jatuhnya kita tersebut. Kalau lah ada, apakah dengan terus mengomel dan mencari-cari siapa yang salah kita jadi bisa mengendarai sepeda dengan baik? Seperti slogan perlengkapan olahraga itu,

Just do it.

2 tanggapan untuk “Creativity, Inc.

    1. Terima kasih juga sudah membaca ulasannya. Kebetulan waktu itu saya beli versi digitalnya di Amazon. Tapi, seharusnya buku ini juga tersedia di bookdepository.com.

Tinggalkan Balasan

