Belajar Daring

Salah satu kanal favorit saya di YouTube adalah TED. Bagi yang belum tahu, TED merupakan sebuah organisasi nonprofit yang berfokus pada penyebaran ide-ide menarik dari berbagai bidang sehingga bisa diterima oleh orang awam. Dari matematika di balik permainan basket hingga bagaimana mengikat tali sepatu dengan benar bisa Anda temukan di kanal yang penuh informasi ini.

Ide brilian ini diadopsi oleh banyak orang dan dilaksanakan secara independen dengan nama TEDx, termasuk di Indonesia. Anda bisa dengan mudah menemukan TEDxJakarta, TEDxBandung, dan TEDxUbud di YouTube. Pembicaranya pun orang-orang Indonesia yang hebat di masing-masing bidangnya seperti Anies Baswedan, Ridwan Kamil, hingga Mbah Sujiwo Tejo.

Setiap cerita berdurasi sekitar 18 menit dan tidak selalu berisi pidato. Musisi seperti Jubing Kristianto dan Barry Likumahuwa, misalnya, mengisi sebagian dari ceritanya dengan bermain musik. Kalau Anda ingin hiburan yang juga memberi informasi, menyimak TED bisa jadi pilihan yang tepat.

Masalahnya, saya yang orangnya mudah terdistraksi ini terkadang harus memilih-milih mana yang harus saya tonton. Tidak bisa dipungkiri, meski banyak yang menarik, tentu ada beberapa video yang memang bidangnya tidak terlalu saya sukai, atau memang pembicaranya saja yang kurang menarik membawakannya. Di samping itu, terkadang saya juga merasa tidak punya cukup waktu untuk menonton video sepanjang 18 menit.

Nah, baru-baru ini, saya menemukan TED-Ed. Kanal ini merupakan bagian dari TED yang berisi kumpulan video-video (kebanyakan berupa animasi) menarik yang durasinya hanya sekitar 4-5 menit. Meski singkat, ternyata banyak sekali yang bisa dipelajari dalam waktu sesingkat itu — dan videonya seru-seru! Bagi yang penasaran, ini teaser dari kanal TED-Ed.

Yuk, banyak belajar lagi!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s