Memento

Saya suka bertanya-tanya, apakah semua yang kita rekam, baik itu berupa foto, video, blog, atau apapun itu, pada akhirnya akan kita baca atau lihat semua lagi? Kalau dihitung-hitung, mungkin sudah ribuan foto yang saya hasilkan dengan kamera saya, tapi berapa banyak yang akhirnya saya unggah? Berapa banyak pula yang akhirnya saya tengok lagi fotonya?

Tidak bisa dipungkiri memang bahwa melihat kenangan masa lalu itu menyenangkan. Itu sebabnya Facebook punya fitur “See your memories” dan Google Photos punya fitur yang menjadikan foto-foto dan video yang kita ambil sebagai satu video singkat. Bahkan, hal-hal yang dulunya menyebalkan, menyulitkan, dan membuat sedih pun bisa membuat kita tersenyum ketika melihatnya lagi — sebagai pribadi yang sudah berbeda.

Saya jadi teringat satu scene di film “Inside Out”, bahwa kenangan itu bisa menjadi lebih bermakna ketika ada banyak perasaan yang terkandung di dalamnya. Sedih, senang, takut, marah, dan jengkel itu punya porsinya masing-masing dalam hidup. Ketika itu semua sudah berlalu, mungkin kita akan menyimpannya sebagai kenangan yang spesial di suatu sudut di hati kita.

Jadi, apakah semua yang kita rekam secara digital itu menghalangi rekaman lainnya dalam hati?

Satu tanggapan untuk “Memento

  1. Saya pikir soal pilem Memento yang dimainin sama Guy Pearce itu. 😀
    Denger2 mau dibikin remake-nya. Banyak yang protes. Lha wong film aslinya aja udah buagus, ga ada yang kurang. Masa’ mau di-remake lagi. 🙄

    Kalo saya jujur sih, jarang melihat foto2 atau video lama yang tersimpan di HDD. :mrgreen:
    Tapi tetap aja saya merasa sayang kalo menghapusnya. Rasanya ada sesuatu yang hilang kalo itu dihapus.

Tinggalkan Balasan

