Jawaban dari Doa

Ada satu hal menarik dalam hidup saya yang sudah terjadi beberapa kali. Keinginan random saya beberapa kali benar-benar menjadi kenyataan. Macam-macam sekali pokoknya, mulai dari dulu sekali ingin discman yang tiba-tiba dapat gratisan dari sebuah bank tempat ayah saya menabung hingga hal-hal yang remeh sekali seperti ingin makan rujak atau gado-gado yang ternyata tiba-tiba dibelikan oleh ibu tanpa pernah saya minta.

Saya sering bisa seheran itu karena hal-hal itu terkadang bukan sesuatu yang saya usahakan. Tidak disampaikan pada siapa-siapa, maksudnya. Tahu-tahu sudah ada saja tersedia. Ajaib. Alhamdulillah. Yang menarik, ini juga terjadi untuk sesuatu yang lebih besar dalam hidup saya.

Hari ini seusai pulang dari kampus, saya menyempatkan diri untuk membuka Facebook seperti biasa. Kebetulan ada notifikasi “memories to look back” yang biasa muncul harian itu. Penggulungan layar berujung pada satu hal yang dengan sukses membuat saya tertegun sejenak.

Keinginan 6 tahun yang lalu
Keinginan 6 tahun yang lalu

Perhatikan tanggalnya! Ini saya tulis 6 tahun yang lalu. Saya cukup yakin bahwa saat itu hanya keinginan sambil lalu. Bulan-bulan itu adalah awal perkuliahan S1 saya, bahkan masih semester 1! Jangankan merencanakan sekolah S2, lulus Fisika Dasar 1A saja masih jadi perjuangan besar saat itu*.

Sekarang, saya sudah di belahan dunia yang lain, mengejar pendidikan yang lebih tinggi, dan dengan sokongan beasiswa. Keinginan random yang lama tidak ditindaklanjuti itu akhirnya bisa terjawab tuntas. Ya Allah… Kalau sudah begini, bagaimana lah kita tidak bersyukur?

Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

Sungguh semua itu hal yang mudah bagi-Nya. Mau dari urusan menjawab keinginan saya makan rujak sampai ingin kuliah di luar negeri, semua itu kecil di hadapan Yang Maha Kuasa. Masalahnya, sudahkah kita meminta kepada-Nya?

Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu.”


* Percayalah, nilai Fisika Dasar 1A saya C.

Iklan

Satu tanggapan untuk “Jawaban dari Doa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s