Melawan Rasa Malas

Hidup sebagai mahasiswa magister memang adalah usaha melawan rasa malas. Apalagi jika mengambil programnya di luar negeri, Anda benar-benar dituntut mandiri! Banyak sekali waktu kosong yang seharusnya dipakai untuk belajar sendiri, tapi ya namanya juga berubah kebiasaan, tetap saja sulit rasanya di awal-awal ini.

Semester ini, hanya ada empat mata kuliah utama yang saya jalani. Masing-masing mata kuliah tersebut hanya berisi kuliah dua jam per minggunya. Kalau lah jam kerja kita hitung sebagai 8 jam per hari dan hanya ada 5 hari kerja, maka saya hanya perlu 1 hari untuk memadatkan semua kuliah itu! Sudah terbayang betapa kosongnya harinya?

Sudah begitu, ada satu mata kuliah yang lebih banyak mengandalkan online learning. Jadi, mahasiswa hanya diminta untuk melihat video kuliah tersebut secara daring, lalu akan dievaluasi melalui kuis daring — yang tidak dimasukkan ke dalam komponen penilaian. Jadi, ada slot kuliah yang jadi dikosongkan karena kita bisa belajar mandiri. Makin terbayang betapa “bebas”-nya?

Kebebasan ini yang betul-betul perlu dipertanggungjawabkan nanti. Sekian banyak kekosongan itu tentu tidak boleh dibiarkan begitu saja. Tentu saja ada kuliah yang benar-benar membuat saya harus mengulas ulang pelajaran-pelajaran sejak SMA dahulu. Saya yang sudah lama tidak bersentuhan dengan kalkulus, matriks, maupun vektor, mau tidak mau harus bertemu lagi dengan sahabat lama tersebut.

Yah, ini juga karena minggu tugas baru akan dimulai sih, jadi mungkin masih berasa kosongnya. Mungkin ketika minggu tugas sudah benar-benar datang, baru terasa lebih sibuk. Entahlah. Teman saya yang sudah lebih dahulu lulus dari kampus dan jurusan yang sama sih pernah bilang bahwa dia bisa tidur sampai 7 jam per hari. Walaupun dia lulus with distinction sehingga tidak bisa dijadikan patokan juga.

Apapun itu, yang penting: semangat pagi!

Iklan

2 tanggapan untuk “Melawan Rasa Malas

    1. Super bagus, Do. Yang bahkan orang sini aja belum tentu dapet.

      Kelompok belajar sih mestinya ada. Tapi sampe sekarang belum nemu tuh. Kecuali kelas tutorial gitu ya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s