Berkehidupan Sosial

Saya sebetulnya adalah seorang yang cukup pemalu. Mendatangi orang lain dan mengenalkan diri “Hai, saya Ali. Nama kamu siapa?” merupakan hal yang sulit sekali bagi saya. Di Indonesia saja saya sudah begitu, bagaimana lah saya harus beradaptasi di negeri orang?

Betul memang sosialisasi itu penting — berteman itu penting. Namun, saya ini orang yang sulit untuk bisa berbasa-basi. Artinya, kalau saya bertanya sesuatu kepada orang lain, hampir dapat dipastikan bahwa saya benar-benar ingin tahu jawabannya, bukan pertanyaan yang sambil lewat saja.

Meskipun saya orangnya agak pemalu, tapi kalau ada orang lain yang memulai pembicaraan duluan, saya akan coba semampu saya untuk menjawab pertanyaan tersebut. Akan tetapi, jangan berharap akan banyak pertanyaan balasan yang saya berikan kepada orang itu. Dalam diam saya, biasanya saya lebih banyak mengobservasi orang lain — memperhatikan tingkah lakunya, tutur katanya, dan sebagainya.

Ketika saya ngekos di Bandung dulu, saya hanya mengenali sedikit sekali tetangga kos saya. Kecuali teman-teman yang saya kenal dari kampus atau orang-orang yang memang langsung berinteraksi dengan saya, saya biasanya bukan orang yang berinisiatif untuk bersosialisasi. Untungya, di flat saya sekarang orang-orangnya sebagian cukup inisiatif untuk menyapa saya terlebih dahulu. Jadi, itu bisa sedikit mengurangi beban saya.

Saya belum tahu apa yang terjadi nanti kalau sudah mulai kuliah. Bertemu dengan teman-teman yang sejurusan seharusnya membuat saya bisa lebih mudah berinteraksi dengan mereka, karena artinya mereka punya ketertarikan di bidang yang sama dengan saya. Paling tidak, perasaan senasib-sepenanggungan itu bisa jadi bahan obrolan yang menarik. Hahaha…

Semoga saja setahun ke depan ini semuanya dilancarkan.

Tinggalkan Balasan

