Cepat!

Saya baru mulai mengerti perasaan ayah saya selama ini. Dengan pikiran yang seakan tidak pernah berhenti dialiri keinginan untuk produktif, susah bagi saya untuk berdiam diri dan tidak melakukan apa-apa. Masalahnya, bersamaan keinginan itu juga adalah kesulitan untuk melihat orang lain — terutama yang di bawah komando saya — berdiam diri.

Dalam hidup, tidak jarang kita juga mengalami hal yang serupa. Terkadang, sulit sekali bagi kita untuk memahami bahwa beberapa hal memang hanya butuh waktu. Ada masa-masa ketika kita harus menunggu untuk buah dari kerja yang kita lakukan. Ada satu kutipan yang bagi saya selalu menarik tentang masalah ini.

“No matter how great the talent or efforts, some things just take time. You can’t produce a baby in one month by getting nine women pregnant.” — Warren Buffett

Di zaman yang serba cepat ini, rasanya penting sekali untuk terus bergerak cepat. Seolah semua selalu punya jalan pintasnya. Dan dengan tekanan dari kanan-kiri, melihat teman-teman yang usahanya sudah mulai diliput media, atau yang baru memenangkan suatu kompetisi, saya sering bertanya, “Apa saya sudah dalam kecepatan yang benar?”

Sampai sekarang, itu masih jadi pertanyaan yang cukup besar buat saya yang belum saya ketahui jawabannya. Yang jelas, saya masih mencoba berpegang pada satu prinsip: bahwa hidup ini seperti lari marathon. Sekarang, mungkin judulnya saya sedang kalah sprint, tapi semoga dengan tetap melangkah dengan mantap, saya bisa mencapai sebuah kesuksesan di akhir “perlombaan” ini.

Pada akhirnya, yang perlu kita lakukan hanya berusaha sekeras mungkin. Kerja cerdas penting, tapi kerja keras melupakan suatu hal yang tidak boleh diabaikan. Dan hanya dengan kerja ikhlas, semua itu bisa terasa lebih ringan.

Siap?

Tinggalkan Balasan

