Belajar Bersyukur

Sedikit pengingat kepada diri sendiri di Minggu malam ini.

Terkadang, saya merasa bahwa akhir minggu saya membosankan sekali. Tidak banyak hal menarik yang bisa dilakukan. Mencoba membuka media sosial — mencari kabar terbaru dari teman-teman, atau menghabiskan waktu dengan mencari artikel-artikel.

Seperti yang mungkin pernah saya bilang, pikiran saya ini suka terlalu berjalan-jalan ke mana-mana. Ketika badan saya sedang diam, otak ini berjalan terus — seolah otak ini sedemikian laparnya dengan sesuatu yang menantang. Tidak mau diam, menjalar terus dan melompat-lompat dari satu pikiran ke pikiran lainnya.

Saya kemudian sempat tertegun sejenak, “Apakah saya malah jadi kurang bersyukur karena ini?”

Begini loh, ketika saya menyibukkan pikiran ini dengan pertanyaan apa yang bisa saya lakukan lagi berikutnya, orang lain mungkin pertanyaannya jauh lebih sederhana, “Dari mana lagi saya bisa makan esok hari?” Well, yeah, target itu harus selalu dipasang, tapi jangan menjadi lupa dengan apa yang telah Tuhan izinkan untuk kita gapai.

Stop comparing yourself to others.

Pertama, sadari bahwa hidup ini adalah marathon, bukan sprint. Saat ini mungkin kamu sedang kalah dari teman-temanmu, tapi bukan tidak mungkin ke depannya kamu bisa jadi yang mereka pandang tinggi kan? Kedua, meski kamu sudah lebih tinggi pada akhirnya, janganlah menjadi jumawa karenanya. Toh, semua itu selalu karena izin Tuhan kan? Ketiga, setiap orang itu punya fungsi masing-masing, jadi ditinggikannya kamu dibandingkan orang lain itu pasti punya maksud tersendiri. Pun demikian halnya dengan dijadikannya kamu lebih rendah dari orang lain.

Maafkan kalau tulisan ini terlalu lompat-lompat. Yah, begitulah kerja otak ini. Tiba-tiba teringat ini, ingin segera ditulis. Tiba-tiba teringat itu, ingin segera dikerjakan. Terlalu impulsif memang.

Yah, semoga saja masih bisa dipetik sarinya dari sekelumit racauan malam hari ini.

Tinggalkan Balasan

