Escape the Room

Saya suka dibilang terlalu serius. Mainan saja seringnya dipilih yang berbentuk strategi atau puzzle. Salah satu favorit saya dulu (meski pun saya cupu memainkannya) adalah puzzle dengan tipe “Escape the Room”.

Jadi, permainan tersebut mengharuskan kita mengobservasi ruangan untuk memecahkan beberapa teka-teki kecil untuk mendapatkan barang-barang yang dapat digunakan untuk keluar dari sebuah ruangan terkunci. Karena tujuan utamanya hanya seperti itu, maka variasi dari permainan ini pun sangat banyak. Teka-teki kecilnya bisa dibuat bermacam-macam, dari kode angka, kode huruf, kode warna, hingga sandi morse atau permainan suara.

Nah, kebetulan, hari ini saya dan teman-teman dari Soul of Campus sedang kurang kerjaan. Walhasil, jadilah kita berkumpul untuk memainkan “Escape the Room” secara riil di suatu tempat di Kemang. Ada beberapa tingkat kesulitan yang bisa dijalani. Namun, dengan jumawa, kami langsung memilih yang paling susah

…dan kami kena batunya.

Dari kira-kira tiga ruangan yang ada dalam satu rangkaian permainan, kami hanya sampai di ruangan kedua. Waktu 60 menit yang disediakan untuk menyelesaikan teka-teki yang ada ternyata tidak berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh kami berlima. Yah, walaupun sebenarnya saya sedikit kesal karena salah satu teka-teki yang diberikan ternyata punya kesalahan sehingga agak tidak mungkin diselesaikan. Tapi kami juga melakukan kesalahan di teka-teki yang lainnya sehingga membuang sumber daya yang katanya akan terpakai nantinya. :mrgreen:

Well, anyway, ini adalah sebuah pengalaman yang menarik. Sedikit hiburan yang menyenangkan untuk dilakukan bersama teman atau keluarga di tengah kepenatan rutinitas ibukota. Bagi yang tertarik, silakan lihat di The Escape Hunt atau Agent X Indonesia.

Harganya sih lumayan, bisa menghabiskan sekitar 150-200 ribu per orang. Jadi, kalau ingin mencoba-coba, mungkin ada baiknya melihat-lihat yang versi online dari permainan sejenis dulu. Salah satu yang secara visual paling menarik dan interaksinya seru menurut saya yang ini. Nah, silakan mencoba dan ingatlah bahwa practice makes perfect.

Selamat bermain!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s