Salah & Lupa

Saya sering merasa takut berbuat salah. It turns out, sesuatu yang seperti ini bisa jadi berbahaya. Begini loh, we will make mistakes, eventually. Masalahnya kan tinggal mau diperbaiki atau tidak. Nah, ketika terlalu takut merasa bersalah, maka kita malah bisa jadi kehilangan eksistensi diri. We cannot define ourselves.

Yang masih memusingkan saya sampai sekarang adalah bagaimana caranya bisa mencari keseimbangan antara perasaan takut berbuat salah itu, tapi tidak menjadi terlalu berlebihan. Soalnya, kalau dibiarkan saja untuk tidak terlalu memikirkan perasaan orang lain kan jadi enggak baik juga? Tapi, kalau terlalu hati-hati, nanti malah jadi kaku dan membuat orang lain segan.

I was worse than this, once. Dulu saya orangnya jauh lebih menjaga image dari sekarang. But, then I met these amazing people, mereka yang tetap bisa mendapatkan respect meski di luar kelakuannya kadang-kadang “ajaib”. Then I learned to loosen up. Saya kemudian belajar bahwa bersikap seperti ini membuat saya merasa lebih tenang, lebih bahagia. Bahwa ternyata enggak apa-apa kok di-bully sekali-sekali, dan sama sekali tidak masalah untuk terlihat konyol atau bodoh di beberapa kesempatan.

The world doesn’t revolve around you. You are not the centre of the universe.

Namun, pembelajaran ini tidak pernah berhenti. Saya masih mencari-cari cara untuk lebih santai lagi. Tidak terlalu serius. Bayangkan, untuk menulis ini saja saya berusaha membuatnya serapi mungkin, menghindari kesalahan yang ada. Dan ketika saya menjadi terlalu obsesif, maka kebiasaan ini sudah menjadi penyakit. And I hate myself for doing that.

Pertanyaan-pertanyaan hidup ini mungkin masih memerlukan waktu untuk menjawab. Tapi, semoga saya bisa belajar menjadi manusia yang lebih baik dari hari ke harinya. Mungkin saya benar-benar perlu mengurangi kebiasaan overthinking ini. Laiknya slogan terkenal apparel olahraga itu, “Just do it.”

Feel free. Be happy.

Tinggalkan Balasan

