Waktu Membaca

Di era yang serba sibuk seperti sekarang, membaca buku itu sering jadi sesuatu yang sulit untuk dirutinkan. Berbeda dengan orang yang sudah terbiasa membaca buku sejak lama, orang-orang yang baru mau membiasakan hal ini cenderung kesulitan karena banyaknya pilihan lain selain membaca buku. Menonton serial, menonton TV, atau menggulung layar ponsel untuk berinteraksi di media sosial adalah pilihan-pilihan lain yang sangat menggoda dibandingkan membaca.

Lucu juga, adik saya ternyata punya pertanyaan yang sama seperti saya. Namun, untungnya saya punya beberapa alternatif untuk menyelesaikan masalah ini. Pilihan pertama saya adalah membaca sebelum tidur. Kebiasaan ini pernah saya coba ketika masih SMP dulu. Adalah buku Harry Potter jilid 5 yang pertama kali saya habiskan dengan cara ini. Waktu itu, perlu beberapa minggu sampai buku setebal 870 halaman ini.

Sekarang, waktunya bisa dipotong lebih banyak sih, karena saya bisa lebih banyak menghabiskan halaman sekarang. Akan tetapi, saya punya alternatif lain pula sekarang untuk menghabiskan buku. TransJakarta, kereta api, atau pun ketika berada di travel merupakan waktu-waktu menghabiskan buku yang paling tenang. Tidak akan ada gangguan berarti selama kondisi jalannya juga bersahabat.

Yang jelas, memang perlu disempatkan untuk menghabiskan tumpukan buku ini. Kalau sudah disempatkan sih, harusnya tidak ada kendala berarti, apalagi kalau bukunya memang menarik. Membaca memang harus dibiasakan.

Selamat membaca!

Tinggalkan Balasan

