Kosong

Saya bingung, hidup saya kok terasa agak kosong akhir-akhir ini. Ada yang aneh, tapi saya juga tidak tahu apa.

Kegundahan seperti itu sering sekali singgah di pikiran saya. Ingin melakukan sesuatu, tapi juga tidak ingin terlalu berat. Manusia itu memang suka mempersulit diri sendiri. Padahal, hidup itu sebenarnya sederhana.

Begini loh. Kita itu sering bilang tidak tahu masalahnya apa, tapi sebenarnya mungkin kita hanya tidak mau mengakui masalah tersebut. Masalah itu ada, tapi tak ingin kita sentuh. Mencoba menghibur diri dengan jargon “ignorance is bliss” nyatanya tidak akan menyelesaikan apa-apa.

Kekosongan itu juga tak jarang berakhir pada kekhawatiran. Menafikan apa yang terjadi hanya membuat masalah tertunda beberapa saat, tapi toh ujung-ujungnya harus dihadapi juga. Saya jadi teringat sebuah “celetukan” yang menarik,

Buat apa khawatir? Kalau ada yang bisa kamu ubah, ya ubahlah. Kalau tidak bisa diubah, apa yang perlu dikhawatirkan?

Karena sekali lagi, menjadi bahagia itu adalah pilihan.

Tinggalkan Balasan

