Resolusi Tahun 2014

Seperti yang banyak orang lakukan menjelang tahun baru, saya pun mencoba membuat resolusi di awal tahun 2014. Ada dua hal sederhana yang ingin saya capai (seperti yang saya tulis di sini), yaitu membaca 12 buku (1 bulan 1 buku) dan menulis 52 pos di blog ini (1 minggu 1 pos). Hasilnya?

Well, dengan pos ini, genaplah angka 52 tercapai di blog ini. Alhamdulillah. Meski saya terkadang mesti merapel tulisan dua minggu menjadi satu minggu (berarti ada 2 pos dalam seminggu), tapi ini sebuah peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya.

Masalahnya ada di jumlah buku yang dibaca. Menurut catatan dari Goodreads, hanya ada 6 buku yang saya baca di tahun ini — hanya setengah dari yang ditargetkan. Ada 5 buku yang sedang dibaca tapi tidak diselesaikan, 2 di antaranya sudah dibaca dari tahun lalu. Agak kurang menggembirakan memang.

Namun, saya rasanya mulai paham, kalau buku yang sifatnya materi pembelajaran akan lebih lama dihabiskan dibandingkan buku yang sifatnya hiburan — you don’t say. Jadi, saya akan mencoba untuk mencicil buku teks tiap malam, dan tetap membaca buku-buku hiburan di sela-selanya. Yup, target tidak berubah tahun depan: 12 buku baru dalam 1 tahun.

Poin dari pos ini sebenarnya adalah bahwa dengan membut target yang lebih terukur, mestinya kita jadi bisa mengevaluasi diri dengan lebih baik. Jadi, bukan sekadar, “Mau baca buku yang lebih banyak,” atau “Mau lebih rajin nge-blog!” Ada pemacu semangatnya untuk memenuhi target tersebut.

Yuk, penuhi tahun baru dengan target-target terukur! 🙂

Tinggalkan Balasan

