Takut Menang

Satu hal yang sangat lucu dari hidup adalah tak jarang kita berada dalam kondisi takut menang. Ya, bukan siap untuk kalah, tapi takut untuk menang. Disadari atau tidak, di balik keinginan kita yang kuat untuk menang atau jadi yang terbaik, selalu ada perasaan takut menang tersebut. Saya rasa beberapa dari kita dibesarkan dengan sindiran yang seolah pujian dari orang lain karena apa yang telah kita capai.

Saya ingat sekali ketika dulu ikut suatu lomba semacam cepat tepat. Di pertanyaan terakhir, saya dengan sepenuh hati yakin bahwa jawabannya adalah 8, tapi perasaan bahwa, “Gimana ya rasanya kalau nanti saya menang?” atau “Ih, masa’ saya bakal menang sih?” nyatanya adalah perasaan lucu yang membuat saya pada akhirnya tidak menjawab pertanyaan tersebut. Walhasil, pihak seberang lah yang menang dengan jawaban tersebut.

Setelahnya, perasaan ini campur aduk sekali. Yah, bersyukur juga karena kami akhirnya tetap membawa pulang hadiah, tapi ada perasaan bahwa, “Harusnya saya bisa dapat lebih!” Aneh ya? Tapi, jadi tidak bersyukur ya kalau begitu? Eh, apa malah harus berjuang untuk sesuatu yang lebih?

Ada yang pernah merasakan hal yang sama?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s