Takut Menang

Satu hal yang sangat lucu dari hidup adalah tak jarang kita berada dalam kondisi takut menang. Ya, bukan siap untuk kalah, tapi takut untuk menang. Disadari atau tidak, di balik keinginan kita yang kuat untuk menang atau jadi yang terbaik, selalu ada perasaan takut menang tersebut. Saya rasa beberapa dari kita dibesarkan dengan sindiran yang seolah pujian dari orang lain karena apa yang telah kita capai.

Saya ingat sekali ketika dulu ikut suatu lomba semacam cepat tepat. Di pertanyaan terakhir, saya dengan sepenuh hati yakin bahwa jawabannya adalah 8, tapi perasaan bahwa, “Gimana ya rasanya kalau nanti saya menang?” atau “Ih, masa’ saya bakal menang sih?” nyatanya adalah perasaan lucu yang membuat saya pada akhirnya tidak menjawab pertanyaan tersebut. Walhasil, pihak seberang lah yang menang dengan jawaban tersebut.

Setelahnya, perasaan ini campur aduk sekali. Yah, bersyukur juga karena kami akhirnya tetap membawa pulang hadiah, tapi ada perasaan bahwa, “Harusnya saya bisa dapat lebih!” Aneh ya? Tapi, jadi tidak bersyukur ya kalau begitu? Eh, apa malah harus berjuang untuk sesuatu yang lebih?

Ada yang pernah merasakan hal yang sama?

Tinggalkan Balasan

