Serba Cepat, Serba Singkat

Kelihatannya orang kita masih senang hal-hal yang cepat, yang singkat, yang instan. Entah bagaimana ceritanya kalau di daerah, tapi semenjak saya pindah ke Jakarta dan kemudian ke Bandung, saya acap kali menemui singkatan di mana-mana, dari nama tempat hingga istilah. Hal ini kadang membuat saya berpikir, “Apa sebegitu malasnya kita sampai semua harus disingkat?”

Di Jakarta, hampir setiap tempat terkenal punya sebutan yang terdiri dari dua suku kata. Sebut saja mal-mal terkenal macam Sency (Senayan City), PS (Plaza Senayan), Kokas (Kota Kasablanka), hingga yang tergolong anyar: MOI (Mall of Indonesia). Selain itu, ada juga nama daerah seperti Benhil (Bendungan Hilir) dan Gatsu (Gatot Subroto). Kalau nama daerah sih saya masih mengerti untuk disingkat, tapi hal ini merambah hingga ke istilah sehari-hari.

Rasanya sudah akrab di telinga kita istilah “hedon” sebagai pengganti “hedonis” atau “hedonisme”. Lalu, ada juga “narsis” yang merujuk kepada “narcissism” atau “narsisme”. Atau, mungkin kaum akademis cukup terbiasa mendengar “kompre” sebagai pengganti “ujian komprehensif”.

Begini loh, bukannya saya benci terhadap singkatan. Sama sekali tidak. Namun, ketika semua hal jadi disingkat, kok kayaknya ada yang salah ya. Yang paling anyar, salah seorang teman hanya mengambil dua suku kata pertama dari kata “analisis”. Kan jadi tidak enak terdengarnya?

Ah, dan kebiasaan ini pun terbawa hingga ke jajaran pemerintahan. Kelihatannya, saking sulitnya mencari nama suatu sistem yang bagus, ujung-ujungnya yang dilakukan hanyalah menyingkat namanya. Padahal, Indonesia kaya akan sejarah sehingga harusnya tidak sulit untuk mencari nama yang lebih filosofis.

Apa betul kita semalas itu ya?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s