BeeLine

Sebagai anak muda yang peduli terhadap lingkungan hidup(?), saya membiasakan diri untuk membaca di perangkat elektronik, baik itu di ponsel, tablet, maupun di laptop saya. Padahal, saya sebetulnya lebih memilih untuk baca langsung dari kertas, karena memang bagi saya lebih nyaman di mata. Membaca di media elektronik itu memang sulit untuk berkonsentrasi, terutama karena adanya fitur tautan dan semacamnya. Itu sebabnya banyak peramban yang menyediakan plugin khusus untuk membaca.

Contoh laman setelah plugin dipasang
Contoh laman setelah plugin dipasang

Kemarin, saat saya sedang iseng-iseng meramban, saya akhirnya menemukan situs ini — BeeLine Reader. Pada awalnya, kesan yang ditimbulkan adalah, “Kok alay sekali ya, warna-warni gitu?” Pertanyaan yang muncul berikutnya adalah apakah warna-warna itu tidak mengganggu pada akhirnya? Namun, karena judulnya plugin itu bahkan sudah diteliti, akhirnya saya coba juga.

Pertama, saya mencoba dulu tantangan yang tersedia di situs itu. Saya ambil saja materi bacaan yang paling gampang — tentang fiksi. Hasilnya, ternyata penggunaan BeeLine Reader “hanya” meningkatkan kecepatan baca saya sebanyak 7%.

Saya tidak tahu hasil tersebut akurat atau muncul karena bawaan saya yang biasa apriori terhadap benda-benda baru seperti ini. Mungkin harusnya saya mencoba untuk ketiga jenis materi bacaan kali ya? Well, silakan dicoba sendiri dan berbagi pengalamannya ya?

Mari mencari bahan bacaan lagi…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s