Tempat Menulis Baru

Saya baru-baru ini mencoba mengeksplorasi Jekyll, sebuah framework yang dibangun dengan Ruby untuk blogging sederhana. Salah satu alasan mencobanya adalah karena setup-nya yang sederhana, dan bisa langsung dipublikasi di Github. Apalagi yang menggunakan MacOS, harusnya membuat blog dengan Jekyll jadi sangat mudah.

Niatnya, saya ingin menjadikan blog baru tersebut sebagai tempat menulis yang sifatnya lebih teknis — berhubungan dengan ilmu komputer. Namun, saya belum tahu akan sesering apa menulisnya nanti. Kelihatannya memang harus dijadwalkan, seperti blog ini yang saya jadwalkan untuk diisi seminggu sekali (meski tidak ada waktu pastinya).

Masalahnya, sekarang tempat menulis saya jadi banyak, tapi saya jadi tidak tahu kapan mengisinya. Sekarang, saya punya WordPress, Tumblr, Jekyll, Kompasiana, dan Medium. Belum lagi saya punya Twitter (sebagai microblog) dan Multiply (yang sudah dipindahkan dan dinonaktifkan). Niatnya sih masing-masing tempat tersebut punya kategori tulisannya masing-masing, tapi ternyata yang secara aktif diisi pada akhirnya hanya WordPress ini setelah Multiply ditutup.

Nyatanya, saya memang perlu latihan menulis, terutama dalam bahasa Inggris. Dari hasil tes bahasa Inggris saya, nilai writing lah yang paling rendah. Entah karena masalah gramatikal, atau mungkin hanya karena belum terbiasa berargumen secara tertulis dalam bahasa Inggris.

Yuk ah, semangat menulis lagi.

2 tanggapan untuk “Tempat Menulis Baru

  1. menarik. aku juga selalu punya kekuatan pengen banget bisa nulis dalam bahasa inggris! tapi sayang, setiap memulai paragraph, pasti langsung down. heuheu..

  2. Baru dengar soal Jekyll. Ingin juga coba selain WP, cuma masalahnya blog2 yang sekarang saja sebagian merana. Terima kasih infonya. Nanti periksa2, kalau sudah tidak ada Piala Dunia. 🙂

Tinggalkan Balasan

