Halo, Ramadhan

Saya masih teringat sekali ketika saya menjalani bulan Ramadhan saat masih berstatus sebagai mahasiswa. Alhamdulillah, ibu kos selalu menyediakan sup untuk sahur. Jadi, tidak terlalu pusing mencari lauk, meski kadang saya juga memasak sarden atau telur sendiri. Yang menarik bagi saya, seperti halnya anak kos lain, saya juga beberapa kali jadi terlewat sahur karena tidak terbangun oleh alarm.

Sekarang, tidak terasa, sudah bulan Ramadhan lagi. Rasanya Ramadhan yang lalu hanya berjarak beberapa hari saja dari Ramadhan kali ini. Demikian juga halnya dengan Ramadhan dua tahun yang lalu. Waktu memang cepat sekali berlalu.

Ada satu hal yang mengusik saya di tiap kali Ramadhan datang. Katanya, orang-orang harusnya bergembira ketika menyambut bulan Ramadhan, karena waktu-waktu inilah pahala dilipatgandakan, gangguan-gangguan untuk berbuat dosa berkurang, dan doa-doa dikabulkan. Namun, entah kenapa di beberapa Ramadhan terakhir ini saya tidak bisa merasakan itu sepenuhnya. Terutama di Ramadhan kali ini. Semua terasa “biasa saja”.

Berhubung ini masih di awal Ramadhan, semoga saja kebahagiaan itu muncul dalam hati kita semua. Semoga Allah memudahkan kita untuk meningkatkan amal ibadah yang baik di bulang yang suci ini. Semoga saja, bersamaan dengan itu pula Allah mengampuni dosa-dosa kita yang telah lalu. Aamiin.

Marhaban yaa Ramadhan, semoga kami bisa memanfaatkanmu dengan sepenuhnya.

Satu tanggapan untuk “Halo, Ramadhan

  1. Bener banget Li. Kadang aku mikir. Apa mungkin semakin beranjak dewasa, semakin besar, semakin banyak yang dipikirin dan dikerjain, maka momen2 “seru” pas Ramadhan (apalagi pas awal2 bulan) udah “kurang nempel” lagi kah di badan? Soalnya kalo pas masih usia2 SD-SMP, rasanya tuh kayak seneeeeng banget, euforia sana-sini, selain karena bisa jalan bareng ama temen2 komplek pas tarwih ataupun subuh, juga suasana sekolah dan lain sebagainya yang “ngena banget” kali ya…

Tinggalkan Balasan

