Permisif

Manusia berubah sepanjang hidupnya. Faktor lingkungan menjadi salah satu hal yang memberikan pengaruh besar terhadap perubahan tersebut. Hal ini pun tidak terkecuali terjadi pada saya.

Saya dulu — bahkan mungkin sampai sekarang — dikenal sebagai orang yang “galak”. Saya tidak pernah bermaksud untuk galak sebetulnya. Saya memang menaruh “emosi” di dalam hal-hal yang saya sampaikan, tapi mungkin “emosi” itu terkadang tidak bisa saya kontrol sehingga terlihat seperti sedang marah.

Masalahnya, dulu sebetulnya saya lebih galak lagi dari sekarang. Saya biasanya dengan terus terang menyatakan ketidaksukaan saya terhadap sesuatu. Saya cerewet terhadap hal-hal detail — perfeksionis. Saking terus terangnya, mungkin sudah banyak orang yang tersakiti karena itu. Mohon maaf sekali untuk yang pernah tersakiti ya.

Anyway, poin saya sebetulnya adalah saya sekarang — merasa bahwa saya — sudah jadi jauh lebih permisif. Saya tidak terlalu blak-blakan menyatakan ketidaksukaan tersebut, walaupun kadang raut muka saya tidak dapat berbohong. Saya sudah mulai belajar untuk menoleransi beberapa kesalahan yang dilakukan orang lain.

Masalahnya, sekarang saya malah merasa bahwa kemampuan analisis saya jadi menurun. Karena terlalu permisif, saya jadi jarang bertanya. Karena masalah yang sama juga, saya jadi tidak terlalu kritis dalam melihat sesuatu. Tidak jarang sekarang saya baru terpikir untuk bertanya setelah kesempatan bertanya itu sudah tidak ada lagi.

Susah kan?

3 tanggapan untuk “Permisif

  1. Jadi inget diri aku Li. Aku juga termasuk orang yg emosian Li. Tp betul kata kamu, waktu dapat merubah segalanya. Tetap semangat menjadi pribadi yg selalu berubah ke arah kebaikan ya! ^_^
    Gak ada salahnya juga menurunkan kadar “kegalakan”, tp tetep kritis dan positif. Seperti Ali yg kritis yg biasanya. Hehehe.

Tinggalkan Balasan

