Sakit Itu Tidak Enak

Seminggu kemarin, saya sempat sakit. Itu juga salah satu alasan mengapa minggu kemarin tidak ada blogpost. 😦

Yang namanya sehat itu terkadang susah kita rasakan pentingnya, karena rasanya “memang harusnya begitu.” Padahal, ketika Allah cabut salah satu nikmat-Nya itu, sengsara luar biasa rasanya. Allah cukup kasih saya sariawan kecil di ujung lidah, makanan seenak apapun jadi tidak enak rasanya. Duh, Gusti…

Tidak enak sekali rasanya di rumah terpaksa menghabiskan waktu di tempat tidur saja. Mau berkegiatan pusing sekali rasanya. Kerjaan kantor yang saya tinggalkan ternyata menguber sampai ke rumah, dan dengan sukses membuat sakit saya makin menjadi.

Kata orang, sakit itu menghapuskan dosa. Iya, kalau kita tahu kenapa kita dibuat sakit oleh Tuhan, dan mau memohon ampun untuk itu. Lah, kalau salahnya dilakukan terus? Ya dosanya berjalan terus. Jadi, sakit memang merupakan bentuk kasih sayang Allah terhadap kita, karena kita sudah diingatkan di dunia akan sebagian kesalahan kita. Tugas kita adalah untuk memohon ampun akan kesalahan-kesalahan itu.

Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu). (QS. Asy-Syura: 30)

Akhir-akhir ini, saya sedang menghadapi banyak hal di kantor. Pekerjaan ini  membuat saya mau tidak mau jadi stres. Ternyata, saya terlewat stres dan emosional sehingga jadilah saya jatuh sakit. Allah buat saya demam sehingga di saat-saat itu saya merasa lemah sekali.

Sakit membuat saya ingat bahwa tidak ada alasan untuk sombong. Semua nikmat itu datangnya dari Allah, dan sangat mudah bagi Allah untuk mengambilnya kembali. Tidak bisa kita merasa lebih pintar dari orang lain, terus membuat kita jadi emosi ketika mereka tidak bisa memenuhi ekspektasi kita — karena sekali lagi, Allah yang buat kita bisa lebih mengerti dibandingkan orang lain.

Makanya, banyak bersyukur dan introspeksi, Ali.

2 tanggapan untuk “Sakit Itu Tidak Enak

Tinggalkan Balasan

