Serba Cepat

Uh, terlewat ngeblog selama seminggu.

Hidup sekarang rasanya jadi serba cepat. Apa-apa harus dikerjakan dalam waktu singkat karena sudah banyak kerjaan lain yang menunggu. Mungkin itu juga yang dipikirkan oleh para pengemudi motor di Jakarta yang meniru slogan salah satu produsen motor, “Semakin di depan.”

Melewati batas
Semakin di depan! | Sumber: metropolitan.inilah.com

Orang-orang yang hidup di Jakarta mungkin jadi semakin dituntut untuk bergerak lebih cepat mengingat macet yang semakin tidak keruan. Semua terpaksa dipersiapkan dari jauh-jauh sebelumnya. Mau bertemu seorang kawan yang sedang berada 4 km jauhnya, sudah butuh 1 jam — bahkan lebih — sekarang.

Sebagian protes warga Jakarta di Twitter
Sebagian protes warga Jakarta di Twitter

Kehidupan yang serba cepat ini juga disponsori oleh internet yang mampu menerobos tiap dinding kehidupan. Akibatnya, short-attention span sudah jadi hal yang lumrah. Inginnya yang instan. News feed Facebook hanya dilihat sekilas. Asal ada foto atau judul yang bombastis, komentar datang membanjiri — padahal belum tentu tahu isi sebenarnya apa.

Pun demikian halnya dengan berita. Kebutuhan akan kecepatan itu membuat filter terhadap informasi semakin lemah. Berita tidak lagi divalidasi kebenarannya, yang penting cepat!

Kalau sudah begini, jadi gawat kan?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s