Privasi

Kata orang, privasi jadi barang mahal sekarang. Dunia jadi gempar akibat berita tentang Wikileaks, Edward Snowden, penyadapan Jokowi, dan sebangsanya. Ternyata, kita tidak pernah benar-benar sendiri dalam dunia maya ini. Profil seorang pengguna boleh jadi tersebar luas di pasaran.

Maka, tidak heran jika sekarang orang-orang mulai menjadi paranoid — mencoba melindungi privasi sejadi-jadinya. Faktanya, penggunaan DuckDuckGo, sebuah mesin pencari yang hanya dikerjakan sekitar 20-an orang, menjadi melonjak beberapa waktu terakhir. Diagram di bawah ini menunjukkan fakta tersebut. Menarik sekali melihat  kampanye yang dilakukan oleh DuckDuckGo — yang ternyata cukup berhasil.

Pencarian dengan DuckDuckGo (sumber: fastcolabs)

Kalau kata Pak Budi Rahardjo — dosen keamanan informasi saya dulu, sebuah sistem yang baik justru harus dapat ditembus. Selain itu, memang penyadapan bukanlah hal yang aneh. Penyadapan itu lazim dilakukan, masalahnya tinggal ketahuan atau tidak.

Bagi saya, fenomena yang menarik dari semua ini adalah keingintahuan itu sebetulnya ada di setiap orang. Yang namanya melit itu rasanya ada di tiap diri kita. Terkadang, ini membuat kita berusaha sangat keras untuk mendapatkan informasi tentang seseorang atau sesuatu. Di sisi lain, kita malah tidak ingin diketahui oleh orang lain.

Jadi, sebenarnya apa makna keterbukaan dan kepercayaan?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s