Smart User

Smartphone tidak membuat yang punya juga menjadi smart.

Sudah sering mendengar perkataan yang mirip seperti itu? Well, nyatanya itu benar sekali. Kebanyakan dari kita hanya menggunakan ponsel yang canggih dengan alasan gaya, tapi tidak semua fiturnya kita gunakan. Ujung-ujungnya, paling untuk media sosial lagi atau sekadar untuk bermain dengan lancar.

Saya cukup yakin bahwa banyak dari kita yang belum bisa memanfaatkan ponsel atau komputer kita semaksimal mungkin. Coba kita daftar sedikit ya…

Microsoft Word

Berapa banyak sih dari kita yang memakai atau sekadar tahu fungsi mail merge dalam membuat surat di Ms. Word? Wajar sih, karena memang tidak banyak yang membuat surat dalam kesehariannya. Tapi, toh, yang memang berkutat dengan surat pun dalam sehari-harinya tidak semuanya tahu tentang fungsi ini. Sangat disayangkan bukan?

Yang seharusnya lebih sering kita gunakan, mungkin adalah fitur citation dan bibliography. Tugas-tugas sekolah dan kuliah seharusnya membuat kita banyak mencari referensi. Demikian pula bagi mereka yang berkecimpung di bidang penelitian. Namun, saya cukup yakin bahwa tidak sebegitu banyaknya yang tahu fungsi ini dapat kita gunakan dengan mudah di Ms. Word. Cobalah, lalu lihat bagaimana kombinasi antara fungsi ini dan situs http://scholar.google.com akan sangat membantu!

Kalau fitur tersebut mungkin terbatas penggunaannya pada akademisi, saya percaya bahwa seharusnya fitur heading dan table of contents lebih banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Berapa banyak dari kita yang masih membuat daftar isi secara manual? Kita banyak menghasilkan tulisan-tulisan yang panjang toh? Nah, fitur ini seharusnya membuat pembaca dapat lebih nyaman dalam menikmati tulisan kita itu. Maka, benarlah dosen saya yang mengatakan bahwa banyak yang menggunakan Ms. Word tak ubahnya seperti mesin tik saja.

File Explorer

Dengan semakin majunya zaman, otak kita menyesuaikan untuk menghapalkan petunjuk-petunjuk — bukan isinya. Untuk itu, seharusnya kita memanfaatkan fungsi pencarian. Daripada susah-susah mencari folder yang kita inginkan dengan melihat keseluruhan layar, lebih baik coba untuk mengetikkan nama folder tersebut — langsung ke tujuan!

Hal yang sama juga dapat dilakukan untuk mencari aplikasi yang ingin dijalankan. Daripada repot-repot mencari ikon yang ada di desktop, lebih baik tekan tombol Windows (atau Super), lalu ketikkan nama aplikasinya. Kalau sudah terbiasa, percayalah jalan ini akan jadi lebih cepat — paling tidak ini terbukti untuk saya.

Google

Membicarakan masalah pencarian, tak lengkap rasanya jika tidak membicarakan search engine yang bisa dibilang tercanggih untuk saat ini: Google. Coba tanya pada diri kita sendiri, masihkah kita kesulitan untuk mendapatkan jawaban yang kita inginkan di Google? Seharusnya, Google punya jawabannya, tapi kita saja yang belum berhasil mendapatkan kata kunci yang tepat.

Jika kita yakin bahwa jawaban yang ingin kita cari ada di situs tertentu, maka gunakan

"<kata kunci> site:<nama situs>"

Jika kita ingin mencari quotes atau kata-kata yang sudah spesifik kita ketahui, maka gunakan tanda kutip, seperti ini

"to be or not to be"

Jika ingin mengesampingkan kata-kata tertentu dalam pencarian, maka gunakan tanda minus, seperti ini

salsa recipe -tomatoes

Banyak sekali hal lain yang bisa kita lakukan untuk memperinci pencarian kita. Kuncinya justru adalah penggunaan kata yang efisien, bukan yang deskriptif.

Ingin tahu lebih banyak lagi tips untuk pencarian di Google ini? Silakan kunjungi situs ini dan ini. Nah, kalau sudah jago, silakan bagi-bagikan tips ini kepada teman-teman yang lain. Buat mereka terkejut dengan apa yang dapat kalian lakukan.

Bahkan mungkin kalian sendiri yang akan terkejut dengan fitur yang tersedia!

Iklan

2 tanggapan untuk “Smart User

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s