Benyamin on Jazz

Benyamin on Jazz

Setiap hari Minggu, biasanya saya diberi tugas untuk mengantarkan adik saya yang paling kecil untuk les biola ke Kota Kasablanka. Hari ini, kelihatannya adik saya terlalu bersemangat sehingga bisa sampai di TKP setengah jam sebelum waktu les. Padahal, biasanya baru sampai di lobi untuk menurunkan penumpang itu tepat saat seharusnya les dimulai. :mrgreen:

Anyway, karena saya jadi punya tambahan waktu kosong, akhirnya saya memutuskan untuk mampir ke salah satu toko yang menjual CD musik. Berhubung saya sedang tertarik dengan musik etnis, saya coba cari-cari yang semacam itu lah. Mata saya pun sempat tertuju pada album “Javanova” karya James Chu. “Sepertinya menarik nih,” pikir saya.

Namun, pikiran itu dengan segera memudar ketika melihat harganya yang menembus Rp 100.000. Orang-orang yang memang suka, mungkin akan rela membayar mahal. Namun, sayangnya pengeluaran saya sedang banyak bulan ini sehingga saya “terpaksa” agak pilih-pilih.

Pilihan pun jatuh pada album “Benyamin on Jazz” yang harganya lebih bersahabat. Nama besar Indro Hardjodikoro yang tercantum sebagai salah satu kontributor di album itu menambah keyakinan saya untuk membelinya. Akhirnya, CD itu pun saya beli.

Belum semua lagu yang ada di album tersebut saya dengarkan. Namun, sejauh ini saya menyimpulkan bahwa mungkin ekspektasi saya terhadap album ini agak terlalu tinggi. Ini mungkin karena awalnya yang saya incar adalah album Dewa Budjana yang kental sekali suasana etnisnya, meski selalu ada nuansa jazz di dalamnya.

Rasanya, lagu-lagu almarhum Benyamin S. yang terdengar “Betawi banget” malah kehilangan jati dirinya dalam album ini. Lagu jenaka seperti “Nonton Bioskop” diberi terlalu banyak ornamen jazz sehingga terkesan lebih “berat”. Namun, untungnya Inna Kamarie bisa membawakan “Gerimis Aje” dengan cukup menyenangkan.

Yah, mungkin terlalu cepat juga menilai album ini, mengingat saya baru mendengar 7 dari 12 lagu yang ada di album ini. Semoga nomor-nomor yang tersisa bisa memuaskan hati dan telinga saya. Yah, sejauh ini bisa diberi nilai 3/5 lah.

Album ini ternyata ada di Amazon!

3 tanggapan untuk “Benyamin on Jazz

Tinggalkan Balasan

