Jatuh Cinta

Siang ini saya menonton tayangan ulang Kick Andy tentang beberapa orang pemuda yang telah menjadi sarjana lalu kembali ke desanya untuk membangun kembali desanya. Ada yang membantu para petani, ada juga yang membantu orang-orang tunagrahita untuk membudidayakan lele. Sederhana memang, tapi jelas tidak sederhana bagi para penduduk desa tersebut. Nyatanya, salah satu dari mereka ada yang akhirnya diberi kedaulatan sebagai kepala desa.

Berbagi Selagi Muda

Saya selalu kagum dengan orang-orang yang seperti ini. Usia yang masih muda tidak menghalangi mereka untuk menghasilkan karya yang dapat memberi manfaat bagi orang banyak. Sementara masih banyak mahasiswa di kampus yang baru bisa berkoar-koar tentang pengabdian masyarakat, mereka sudah memberikan bukti nyata. Konkret.

Jika ditilik, sebetulnya yang mereka cari bukanlah ketenaran atau pun materi. Semuanya dilakukan dengan tulus, ikhlas. Ada saja dari mereka yang punya alasan sesederhana: dulu diantar-jemput dengan sepeda oleh salah seorang penyandang tunagrahita itu, jadi ingin membalas budi suatu saat. Ya Tuhan, bagaimanalah saya tidak jatuh cinta?

Orang-orang yang menjalani hidupnya dengan penuh semangat selalu membuat saya terkagum-kagum. Itu sebabnya saya juga jatuh cinta pada para kontributor “Soul of Campus” angkatan ketiga. Bagi saya, mereka adalah orang-orang yang ingin berbagi tentang apa yang ditekuninya, menghasilkan karya yang dapat disebut sebagai sains populer.

Soul of Campus

Anda akan tahu passion tersebut dari pancaran mata mereka. Anda dapat merasakan itu semua dari tulisan-tulisan mereka. Bahkan, mungkin Anda akan tergugah dengan pesan-pesan yang disampaikan di dalamnya. Sekali lagi, sesuatu yang mungkin sebetulnya sederhana, tapi mampu memberikan makna.

Hal yang sama pula yang telah berhasil membuat saya mengagumi Ibu Presiden Keluarga Mahasiswa ITB.

Saya termasuk orang yang tidak terlalu peduli dengan kemahasiswaan terpusat di kampus saya dulu. Rasanya, banyak sekali orang-orang yang menghabiskan waktunya berbicara panjang lebar hanya untuk menghasilkan sesuatu yang, bagi saya, tidak begitu terlihat hasilnya. Orang-orang sibuk ikut serta dalam berbagai kajian, tapi mungkin tidak pernah tahu bagaimana tindak lanjut dari kajian itu.

Namun, semua itu berubah ketika saya melihat wanita yang satu ini. Saya melihat kesederhanaan. Dengan alasan sederhana, wanita ini berani mengambil jalan yang tentu tidaklah mudah. Semua karena dia sendiri yang telah melihat apa yang terjadi pada bangsa ini, dan apa yang sebetulnya pemuda bangsa ini bisa lakukan.

Kampanye beliau sederhana. Menggunakan tagline #yukbergerak, beliau ingin mengajak para mahasiswa untuk bangkit keluar dari zona nyaman, mencoba menajamkan mata dan telinga untuk melihat sekitar. Dari situ juga saya melihat ada kesan bahwa beliau bukan hanya ingin menjadi yang terdepan untuk memimpin. Semboyan dalam sistem pendidikan yang dipopulerkan oleh Ki Hadjar Dewantara terlihat dalam gerak-geriknya, “Yang di depan menjadi teladan, yang di tengah memberi semangat, yang di belakang memberi dorongan.”

Ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani.

Selalu akan ada yang memberikan pandangan negatif memang terhadap orang-orang seperti ini, karena para pemuda yang tampil di acara Kick Andy, para kontributor Soul of Campus, Ibu Presiden, hingga seorang Joko Widodo, tentu tak lepas dari kekurangan. Namun, saya percaya bahwa ketika kita menjalani kehidupan ini dengan hati tulus ikhlas untuk membantu sesama dan menjalaninya dengan sungguh-sungguh, Tuhan tentu akan memberikan bantuannya dan mengingatkan andai orang-orang ini berbuat kesalahan.

Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.

Boleh jadi tulisan ini terlihat terlalu menyanjung-nyanjung orang-orang tersebut. Boleh jadi tulisan ini bias karena saya telah jatuh cinta pada mereka. Namun, biarlah saya tetap percaya itu dan menjadikan mereka semua panutan saya.

Semoga Allah memberikan kemudahan kepada mereka yang senantiasa berjuang untuk kemaslahatan orang banyak.

Satu tanggapan untuk “Jatuh Cinta

Tinggalkan Balasan

