Rahasia Sunnah

Sebenarnya saya sudah lama mau membahas ini di blog, tapi akhirnya baru ditulis sekarang.

Begini ceritanya. Kadang saya sedih karena banyak hal yang baru saya ketahui tentang Rasulullah itu jarang sekali diajarkan kepada khalayak umum. Mungkin sebagian menganggap itu hal yang biasa saja, atau mungkin saja karena banyak yang belum mendapatkan faedahnya. Makanya, saya sebetulnya senang sekali kalau sedang di rumah, jadi bisa diceritakan banyak hal sama ayah tentang Rasulullah.

Satu hal menarik yang pernah saya dapatkan adalah perihal pernikahan. Rasulullah SAW. konon menikah dengan beberapa orang wanita, ada yang jauh lebih berumur dari beliau, ada juga yang lebih muda daripada beliau. Ada yang kaya raya dan ada juga yang dari kalangan bangsawan. Silakan mencari buku-buku tentang ini kalau mau cerita yang lebih lengkap.

Buat saya, mungkin cerita semacam itu jadi angin lalu awalnya. Paling bagus cuma untuk memahami bahwa Rasul itu menikah bukan hanya untuk kesenangan, tapi karena ada yang berdasarkan tanggung jawab, bahwa ada wanita-wanita yang ditinggal suaminya karena wafat dalam perang. Namun, akhirnya saya melihat sesuatu yang lain ketika ayah mengatakan kepada saya bahwa Allah sesungguhnya ingin menunjukkan pada para lelaki tentang wanita-wanita seperti apa saja yang boleh dan baik untuk dinikahi. Masing-masing dari wanita-wanita yang menjadi istri Rasul tentu punya karakteristiknya masing-masing.

Menarik kan?

Itulah. Kadang dalam hidup ini ada hal-hal yang ilmu kita belum sampai untuk memahaminya, terutama dalam urusan-urusan agama. Dalam video yang saya cantumkan kita melihat bahwa ternyata untuk hal-hal yang sifatnya duniawi saja kita belum tentu bisa melihat kenyataan yang sebenarnya. Nah, yang begitu saja kita masih bisa salah persepsi, apalagi urusan terkait Yang Mahatahu?

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah matinya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan perkisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit da bumi. Sungguh (terdapat) tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang berakal (memikirkan)” (QS. Al-Baqarah:164)

Semoga kita bisa lebih membuka pikiran dan hati kita untuk bisa memahami dan menjalankan apa yang Allah perintahkan.

Wallahua’lam.

Tinggalkan Balasan

