Perlu Inspirasi dalam Desain?

Niat. Itulah hal yang terpikir oleh saya saat melihat blogpost berisikan lebih dari 80 bookmark blog yang berisi tutorial, tips, hingga ulasan tentang desain, terutama untuk desain web. Berdasarkan yang diungkapkan Manda Szewczyk di blogpost ini, dia mengerjakan bookmark ini satu per satu, suatu usaha yang tentu tidak mudah. Terlebih lagi, bukan hanya situsnya saja, tetapi Manda juga mengategorikan blog tersebut dan memilih satu post yang paling menarik di tiap blog.

Kategori yang ada di daftar blog ini adalah All-in-OneInspirationTutorialsWeb Development/CodeFreelanceLogos & TypographyAdvice & DiscussionFreebies & GiveawaysBlogging, dan Micro-Blogs/Links. Dari sekian banyak bookmark yang diberikan, salah satu post menarik yang saya temukan adalah ini. Post tersebut menceritakan tentang sepuluh kesalahan yang biasa dilakukan dalam mendesain logo. Saya akan menceritakan sedikit tentang post tersebut.

Dalam mendesain logo–dan saya pikir ini dapat diterapkan dalam hal lainnya–ada beberapa hal yang biasanya dilakukan banyak orang, antara lain: menggunakan jasa amatir, tidak memperhatikan kebutuhan klien, terlalu kompleks, dan plagiarisme. Dari keempat hal tersebut, tentu hal yang paling akhir disebut adalah sebuah larangan besar bagi para desainer, sama halnya bagi banyak bidang di dunia ini. Namun, hal yang biasanya kita lakukan tapi tidak kita sadari justru adalah tiga hal sisanya.

Prinsipnya: money talks. Memang ada harga yang harus dibayar untuk yang profesional, tetapi percayalah bahwa mereka memang sudah ahli. Jangan takut untuk mengorbankan sebagian uang untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Selain itu, dalam mendesain, termasuk dalam mendesain solusi suatu permasalahan, kita perlu tahu betul kebutuhan klien itu seperti apa. Lalu, usahakan untuk mencari atau membuat desain yang sederhana. Tidak harus rumit untuk menghasilkan sesuatu yang bagus kan?

Menarik kan? Nah, selamat mencari inspirasi!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s