Hal-hal yang Sebaiknya Diketahui tentang Tugas Akhir

Kembali lagi dengan saya, dan kembali lagi dengan Tugas Akhir. Kali ini, saya ingin berbagi hal-hal menarik yang seharusnya dilakukan terkait dengan Tugas Akhir. Berdasarkan pengalaman pribadi dan pengalaman teman-teman yang sudah menjalani seminar, akhirnya saya menyimpulkan hal-hal berikut.

Tanyakan, “Mengapa harus topik ini?”

Seperti yang mungkin sudah pernah dijelaskan di posting sebelum-sebelumnya, research question merupakan satu hal yang wajib-kudu-mesti ada dalam Tugas Akhir. Research question itu akan menguak hal-hal menarik. Mungkin dalam pencarian ini bisa memanfaatkan 5 Whys. Selain menemukan hal-hal yang menarik, Anda bisa lebih yakin untuk menjawab pertanyaan besar tersebut, karena mungkin pokok masalahnya baru bisa terjawab setelah “mengapa” yang kelima.

Hal itu perlu dilakukan karena mungkin solusi yang kita kira paling ampuh untuk menyelesaikan suatu masalah ternyata tidak tepat sasaran. Ada cara yang mungkin jauh lebih sederhana dalam penyelesaiannya. Mereka yang sudah pernah menonton film “3 Idiots” mungkin ingat pada scene pertanyaan Rancho pada Virus, “Mengapa tidak menggunakan pensil saja?”

Bacalah Makalah Survei!

Penting untuk mengetahui perbandingan teknik-teknik yang pernah digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah. Daripada repot membaca sekian banyak makalah dengan teknik yang berbeda, lebih mudah untuk mencari makalah survei yang memang sudah membahas sekian banyak teknik dalam satu makalah. Pada akhirnya, makalah survei ini pula yang dapat menjadi alasan kita dalam mengajukan teknik yang akan digunakan dalam penelitian Tugas Akhir.

Percayalah, dosen penguji tidak akan terima alasan penggunaan teknik karena kelihatannya bagus/mudah dari kita. Namun, dosen penguji akan menerima alasan pengunaan teknik karena kelihatannya bagus/mudah dari para profesor melalui makalah survei mereka.

Apa yang Spesial dari Tugas Akhir Anda?

Bisa jadi apa yang Anda ingin kerjakan sebetulnya sudah pernah dikerjakan oleh orang lain. Namun, jangan berkecil hati, karena mungkin saja ada perbedaan karakteristik antara objek penelitian Anda dan objek di penelitian terkait sebelumnya. Well, obviously,

There’s nothing new under the sun.

tapi bukan berarti Anda lantas berpasrah saja karena keinginan yang tinggi untuk menghasilkan sesuatu yang baru.

Dalam ilmu kreativitas dan inovasi, ada yang disebut sebagai existential creativity dan innovational creativity. Meski existential creativity merupakan hal yang sulit dilakukan, biasanya orang-orang dengan innovational creativity-lah yang akan dipandang. “Memanfaatkan apa yang ada untuk menghasilkan sesuatu yang (seolah-olah) baru,” itu kuncinya.

Pembaca Tugas Akhir Anda adalah Akademisi

Dengan alasan tersebut, maka Anda sebaiknya menghindari analogi yang terlampau sederhana atau kalimat seperti, “Seperti yang telah kita ketahui bersama…” Ergo, masukkan teori dan latar belakang yang sifatnya sudah cukup spesifik. Selain itu, pastikan bahwa setiap teori yang dimasukkan akan digunakan di kemudian hari pada bab-bab berikutnya.

Beberapa hal lain yang sebaiknya dihindari adalah penggunaan jargon atau istilah populer — yang bahkan belum masuk ke dalam KBBI! Jadikan KBBI atau Kamus Tesaurus Bahasa Indonesia sebagai teman menulis Anda. Anda mungkin akan terkejut dengan padanan untuk istilah bahasa asing yang digunakan pada makalah yang Anda baca. Ah, tapi usahakan untuk menggunakan istilah yang sama untuk menjelaskan suatu hal yang spesifik. Meski memang itu membuat tulisan kita terasa kaku, tapi ingatlah bahwa ini adalah Tugas Akhir, bukan artikel majalah. 😉

Well, that’s all for now. Kalau ada yang menarik lagi, akan segera dibagi lagi. Semoga bermanfaat. 🙂

Iklan

Satu tanggapan untuk “Hal-hal yang Sebaiknya Diketahui tentang Tugas Akhir

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s