Teknologi: Imajinasi yang Jadi Nyata

Banyak hal yang terjadi sekarang berasal dari apa yang diimpikan di masa lampau. Film-film bertemakan fiksi ilmiah merupakan salah satu penyumbang ide terbesar untuk itu. Teknologi speech recognition atau gesture recognition dulu hanya muncul di film macam Star Wars atau Star Trek. Namun, sekarang semua itu sangat awam dengan adanya Siri atau Kinect.

Hal-hal semacam itulah yang dibahas di artikel ini. Cynthia Bunting mencoba memberikan prediksinya terhadap tren dan ide-ide besar di tahun 2012 — ya, Anda tidak salah baca, ini artikel setahun yang lalu. Prediksi tersebut nyatanya banyak yang menjadi kenyataan saat ini. Perkembangan teknologi informasi memungkinkan hal-hal baru terjadi di dunia bisnis, misalnya saja perekrutan dengan memanfaatkan media sosial hingga belanja daring (dalam jaringan; online — red). Lebih hebatnya lagi, semua hal itu mungkin dilakukan hanya dengan sentuhan jari.

Yap. Tidak dapat kita pungkiri bahwa ponsel pintar sudah bukan lagi barang baru. Dengan menjamurnya layanan cloud computing, ponsel pintar seolah menjadi barang wajib. Mengapa? Karena berkurangnya batasan-batasan dari ponsel pintar, akibat layanan tersebut, memungkinkan penyimpanan berkas “tak terbatas” hingga penjelmaan ponsel menjadi asisten pribadi.

Pada akhirnya, dunia jadi serba digital. Mungkin prediksi yang perlu dilakukan berikutnya adalah, “Apa yang terjadi kalau semua teknologi itu hilang dari hidup kita?”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s