No Tipping, Please!

Sering melihat peringatan seperti judul tulisan ini? Tidak heran, karena memang tulisan semacam itu biasa ditulis di tempat-tempat umum, mal misalnya. Tulisan tersebut bahkan tidak hanya ditulis di dinding saja, tetapi terkadang bahkan di pakaian dinas yang dikenakan oleh para petugas. Pernah berpikir mengapa mereka harus mengenakan tulisan tersebut?

Satu hal yang perlu diketahui, ternyata para petugas macam petugas parkir itu biasanya hanya dibayar sesuai dengan UMR, kata ayah saya. Nah, berdasarkan itu pula, ayah bilang tidak apa-apa untuk memberikan tip kepada mereka. Nah loh?

Saya sendiri sebetulnya jadi membiasakan diri untuk memberikan tip sebagai salah satu bentuk terima kasih personal. Ibu dan ayah memang membiasakan itu, memberikan tip pada tukang cukur rambut, satpam, petugas parkir, atau pencuci mobil. Alasannya ya seperti yang diucapkan di atas. Selain itu, di lingkungan sekitar kita, di tingkat mahasiswa, biasanya tipnya diberikan dalam bentuk makanan atau kaus ketika ada kepanitiaan tertentu.

Fenomena yang menarik adalah terkadang karena terbiasanya mereka diberikan tip, tip itu seolah-olah menjadi sebuah hak asasi. Tidak jarang bahkan ada yang meminta langsung tip tersebut, bahkan hingga memprotes jika tidak diberikan. Kalau sudah begini, saya malah jadi merasa aneh sendiri. Mengapa? Karena kan sebetulnya ini bentuk terima kasih yang lebih, menurut saya. Err… Sebetulnya saya juga tidak tahu apa yang akan saya pikirkan jika saya berada di posisi mereka, tapi dengan pemahaman sekarang, buat saya rasanya kurang tepat untuk memaksakan seperti itu. Yah, kalau memang bekerjanya sudah lebih dari harapan, seharusnya kita mengerti juga lah untuk memberikan tip. Namun, bukan berarti itu menjadi wajib kan?

Yang lucu, tempat saya kursus mengemudi dulu malah mewajibkan untuk memberikan tip pada tenaga pengajarnya!

Tinggalkan Balasan

