Tugas Akhir

Lazimnya seorang mahasiswa tingkat akhir, saya pun harus menghadapi yang namanya Tugas Akhir sebagai syarat lulus dari kampus tercinta ini. Banyak orang yang berkata, “Masuk ITB itu susah, tapi keluarnya (dengan baik-baik alias lulus) lebih susah lagi.” Saya yang sejak awal merasa tenang-tenang saja, pada akhirnya pun menghadapi hal seperti ini di tahun-tahun terakhir perkuliahan. Well, beban kuliah memang jauh berkurang, tidak lagi banyak tugas-tugas besar dengan tenggat waktu yang berdekatan. Namun, sebagai gantinya, saya dibebankan secara moral untuk membaca banyak paper dan diberikan tenggat untuk gambaran kasar dari Tugas Akhir yang akan saya kerjakan.

Dosen koordinator Tugas Akhir saya sebetulnya sangat baik dengan mencoba memberikan tenggat bagi kami, mahasiswa yang mengambil Tugas Akhir, untuk memberikan draft dari Bab I dan Bab II dalam waktu beberapa minggu. Namun, ini menjadi menyulitkan bagi saya, karena ternyata di tengah-tengah saya harus mengganti topik. Yah, ini jadi salah satu kekurangan bagi mahasiswa yang mengajukan sendiri topik Tugas Akhirnya kepada dosen pembimbing.

Di tingkat akhir ini, saya dituntut untuk belajar memanfaatkan waktu luang dengan sebaik-baiknya, karena penundaan hanya akan berakhir pada tidak maksimalnya hasil dari pekerjaan saya. Percayalah, bebannya jika kita tidak berhasil menyelesaikan dengan baik itu ada pada diri kita sendiri. Well, setidaknya begitu yang saya rasakan.

So, saat ini, saya hanya bisa bilang, jika memang ingin menghasilkan Tugas Akhir yang luar biasa, maka siapkan waktu yang cukup dan manfaatkan waktu yang ada sebaik-baiknya. Cobalah untuk mencicil pekerjaan, misalnya dengan mencanangkan gerakan “Satu jam per hari untuk TA yang lebih baik”. Ini jelas akan membantu jika di tengah-tengah ternyata harus ada perubahan yang tidak terduga. Di sinilah konsistensi dibutuhkan. Akan banyak rintangan dalam menyelesaikan Tugas Akhir ini, tetapi ketika kita bisa meyakinkan diri untuk konsisten, insya Allah hasilnya pun akan baik.

Semoga Allah memudahkan penyelesaian Tugas Akhir ini…

Tinggalkan Balasan

