Membuat Orang Lain Bahagia

Buat saya, salah satu kebahagiaan hidup itu adalah membuat orang lain bahagia. Cara paling sederhana untuk itu sebenarnya adalah membagi kebahagiaan kita pada orang lain. Namun, sadar atau tidak, ternyata kebahagiaan yang kita rasakan tidak selalu berujung pada kebahagiaan orang lain. Nah, kalau kebahagiaan kita saja belum tentu kebahagiaan orang lain, bagaimana kita bisa mencoba membahagiakan orang lain?

And I’ve failed once.

Saya selama ini lebih memilih untuk membahagiakan orang lain dibandingkan membagi kebahagiaan pada orang lain. Nyatanya, apa yang saya lakukan selama ini justru lebih banyak membuat kesedihan dan sakit hati tanpa saya sadari. Niatnya mungkin cuma menghibur ketika sedang susah atau mencoba memberi solusi atas masalah yang ada. Namun, tidak semua hal dapat diperlakukan sama. Terkadang, kita hanya butuh menjadi pendengar yang baik, tidak lebih, dan itu yang selama ini tidak saya sadari.

So, after all, maybe I’ve failed more than I’ve ever imagined.

Urusan hati seperti ini memang tidak pernah mudah, kawan. Karena itulah, membuat orang lain bahagia itu memang sulit, tapi justru di situ tantangannya. Saya berharap, suatu saat nanti, siapa pun yang menjadi pendamping hidup saya, saya dapat membuatnya tersenyum dan membuatnya bersyukur dia memilih saya untuk hidup bersamanya.

Tinggalkan Balasan

