Sedikit Ulasan Mengenai Windows 8

Setelah mencoba beberapa lama, ada beberapa hal menarik yang ingin saya ulas dari Windows 8. Sekalian bisa jadi pertimbangan buat teman-teman yang ingin mencobanya kelak. FYI, saya sudah pakai Windows 8 sejak dirilisnya Windows 8 Consumer Preview, dan sekarang, saya menggunakan Windows 8 Release Preview di laptop saya.

Windows 8 mengedepankan antarmuka yang disebut sebagai Metro UI. Konsep Metro ini kelak akan diterapkan untuk berbagai jenis perangkat: desktop, tablet, dan smartphone. Kesan pertama saya terhadap konsep pertama antarmuka ini adalah: menarik! Desainnya yang sederhana membuat saya jatuh cinta. Well, saya memang awalnya mengenal konsep Metro ini sejak berkenalan dengan WP7, dan keteraturannya membuat saya sebagai developer-yang-tidak-terlalu-jago-desain ini merasa langsung tercerahkan. Cukup mengikuti standarnya, dan voila! Aplikasi pun terlihat cantik dengan sendirinya.

Nah, ketika bersentuhan langsung dengan Windows 8 Consumer Preview, terlihat juga kecantikan dari konsep tiles yang diusung oleh OS yang dibesut oleh Microsoft ini. Indah bukan?

Metro UI dari Windows 8

Namun, keindahan tersebut baru bisa diperoleh setelah melakukan instalasi yang cukup lama (saat saya menginstalasi Windows 8 Consumer Preview, perlu waktu sekitar 30 menit sampai 1 jam), daaaaann… sisi gaul dari Windows 8 ini hanya terlihat pada Start Menu saja. Ketika masuk Desktop, maka kembali seperti tampilan Windows 7. Agak kecewa sih awalnya, tapi memang begitulah keadaannya, aplikasi untuk Metro UI belum banyak karena masih baru. Namun, beberapa aplikasi percobaan yang sudah ada memang sudah menawarkan keindahan dari Metro Style Apps. Silakan coba sendiri, karena banyak sekali kalau mau saya ulas satu-satu. 😀

Nah, yang sangat saya sayangkan, selain keindahan Metro, Windows 8 ini sampai sekarang masih cukup bermasalah. Kompatibilitas menjadi salah satu hal yang paling ingin saya soroti di sini. Banyak sekali aplikasi yang tidak cocok dengan OS ini, misalnya saja aplikasi sepenting antivirus atau internet security. Bayangkan saja, KIS 2012 saya tidak dapat berjalan di Windows 8. Meskipun digantikan dengan Windows Defender yang sepertinya sudah lebih baik, tetap saja ini membuat saya agak khawatir dengan serangan malware. Di sisi lain, beberapa driver yang penting juga tidak bekerja. Synaptics dan driver untuk graphic card teman saya tidak kompatibel sehingga menimbulkan masalah, mulai dari yang sesederhana tidak bisa edge-scrolling, hingga laptop yang mudah overheat karena ketidakcocokan graphic card driver tadi.

Masalah lain yang perlu jadi perhatian di sini juga adalah sifat intuitifnya. Sayang sekali, membenamkan Windows 8 ke dalam laptop itu kelihatannya bukan langkah yang cukup baik, karena pada awalnya saya bahkan bingung bagaimana cara melakukan shut down! Setelah agak iseng-iseng, barulah saya tahu kalau tombol untuk mematikan itu dengan meng-hover pointer ke bagian kanan bawah untuk memunculkan bagian putih-putih seperti di bagian kanan gambar di atas, lalu mengarahkan pointer ke Settings, menekan icon Power, baru bisa memilih Shut Down. Repot kan? Sudah repot begitu, eh, sekarang saat saya sudah memakai Windows 8 Release Preview, si laptop ini malah tidak bisa di-shut down. 😐

Agar tidak membuat tulisan ini lebih panjang lagi, saya sampaikan beberapa simpulan tentang Windows 8 ini.

  1. Kalau tidak ingin mencoba mengembangkan aplikasi berbasis Metro UI, sebaiknya jangan terburu tergiur menginstalasi Windows 8, masih banyak aplikasi yang belum metro.
  2. Metro UI sangat menarik, tapi kelihatannya sejauh ini baru akan cocok untuk tablet dan smartphone saja. Sebaiknya kalau masih menggunakan desktop atau laptop, tetaplah pada Windows 7.
  3. Kompatibilitas jadi salah satu hal yang akan sangat menyulitkan Anda dalam menjalankan beberapa aplikasi yang mungkin sering Anda gunakan, jadi silakan baca terlebih dahulu di http://www.microsoft.com/en-us/windows/compatibility/en-US/CompatCenter/Home.
  4. Secara performa, saya rasa tidak ada perubahan yang cukup signifikan kalau dipakai biasa, walaupun saya sebenarnya belum melakukan tes perbandingan yang bersifat lebih teknis.

Sekian ulasan yang dapat saya berikan. Semoga bermanfaat. 🙂

2 tanggapan untuk “Sedikit Ulasan Mengenai Windows 8

Tinggalkan Balasan

