Mengusahakan Hidup Beruntung

Sebetulnya tulisan ini dibuat hanya agar blog ini tetap terjaga untuk terus berbagi. Semoga saja tulisan ini dapat bermanfaat.

Nabi mengajarkan bahwa orang yang beruntung adalah orang yang hari esoknya lebih baik dari hari ini, sedangkan orang yang merugi adalah yang hari ini sama dengan hari kemarin, dan celakalah bagi orang yang hari ini lebih buruk dari hari kemarin. Sekarang mari kita jadikan potongan tersebut sebagai bahan kontemplasi malam ini. Mari memekur sejenak.

Pada dasarnya, orang yang baik bukanlah orang yang selalu benar dalam hidupnya, karena bahkan nabi pun pernah melakukan kesalahan dalam hidupnya. Namun, Allah memelihara nabi dari dosa sehingga para nabi akan langsung diingatkan dan memohon ampun kepada-Nya. Oleh karena itu, sudah menjadi fitrah manusia untuk melakukan kesalahan dan dosa. Akan tetapi, ingatlah bahwa jangan sampai kita “memanusiawikan” kesalahan tersebut, dalam artian menganggapnya enteng.

Lalu bagaimana baiknya?

Orang-orang yang beruntung ialah mereka yang mampu senantiasa meminta ampun kepada Allah ketika mereka melakukan kesalahan dan berusaha tidak mengulanginya kembali di waktu mendatang. Masalahnya, sudahkah kita mampu menjadi orang yang seperti itu?

Saya berbicara kepada diri sendiri, dan berusaha mengevaluasi diri saya selama hidup. Seketika, saya menjadi sedih karena ternyata saya merasa justru semakin banyak keburukan yang saya lakukan seiring dengan bertambahnya umur saya. Ya Allah, bahkan saya serasa tidak dapat memaafkan diri saya sendiri atas kesalahan yang telah saya perbuat tersebut.

Namun, kita harus percaya, Allah akan mengampuni hamba-Nya walaupun telah berbuat dosa seluas lautan sekalipun. Allah pun telah menjelaskan dalam surat Al Baqarah: 160 tentang bagaimana kita seharusnya dalam bertaubat:

kecuali mereka yang telah taubat dan mengadakan perbaikan dan menerangkan (kebenaran), maka terhadap mereka itulah Aku menerima taubatnya dan Akulah yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.

Semoga saja Allah memudahkan jalan kita untuk mampu senantiasa memperbaiki diri dari hari ke harinya.

2 tanggapan untuk “Mengusahakan Hidup Beruntung

Tinggalkan Balasan

