Jangan Lupa Membuat Backup!

Judulnya, karena sudah kesal dengan Windows 8 Consumer Preview (yang belum sempat juga saya buat review-nya), akhirnya saya memutuskan untuk meninstalasi Windows 8 Release Preview yang belum lama ini dikeluarkan oleh Microsoft. Harapannya sudah jauh lebih bagus dan lebih stabil. Masalahnya, setelah dilihat-lihat, dari Windows 8 CP ke Windows 8 RP itu tidak dapat dilakukan penyimpanan data dan pengaturan. Oleh karena itu, perlu dilakukan pembuatan backup sendiri.

Well, kenapa tidak?

Begitu batin saya. Lagipula, rasanya tidak banyak hal penting yang ada di Windows. Memang saya sudah melakukan partisi harddisk sehingga data sudah tersimpan di partisi yang berbeda dengan partisi yang berisi OS. Pikir saya, hanya ada beberapa aplikasi yang perlu saya instalasi kembali. Itu juga tidak akan jadi masalah rasanya.

Nah, masalahnya mulai muncul ketika selesai instalasi – yang ternyata tergolong lebih cepat dibandingkan saat instalasi Windows 8 CP. Saya baru sadar, folder berisi foto dan lagu-lagu masih ada di partisi yang akan diinstalasi OS baru ini. šŸ˜ Masalahnya semakin rumit karena saya lupa saya juga harus menginstalasi iTunes kembali, yang berarti data untuk iPod saya akan hilang.

Namun, yang paling membuat sedih sebenarnya tetap saja masalah foto. Karena foto itu tentu saja hanya bisa diambil pada saat itu. Itu adalah bagian dari memori penting yang sudah saya lalui, saat arak-arakan wisuda misalnya. Aduh, sedih sekali rasanya kehilangan foto-foto itu. Untung saja, ternyata ada beberapa yang sudah berhasil saya backup beberapa bulan yang lalu di harddisk eksternal. Namun, tetap saja ada yang tidak dapat terselamatkan.

Yah, apa boleh buat? Mungkin memang belum rezekinya. šŸ˜¦

4 tanggapan untuk “Jangan Lupa Membuat Backup!

  1. Saya turut berduka… šŸ˜¦
    Kehilangan file dan ketika kita sadar bahwa tidak mem-backup file penting adalah hal yang sangat menyakitkan…. šŸ˜¦

    1. Masalahnya adalah luput saat mengecek mana yang harus dibuat backup. Itu yang susah. Dropbox juga susah mau menampung semuanya, apalagi foto-foto yang ukurannya cukup besar.

Tinggalkan Balasan

