Perjuangan Terakhir Semester Ini

Bau liburan semakin kencang, kawan!

Fasten your seatbelt!

Dalam waktu kurang dari seminggu lagi, maka “secara resmi” semester ini sudah berakhir bagi mahasiswa strata satu Institut Teknologi Bandung. Otak bawaannya sudah mau libur saja. Padahal, masih ada utang makalah satu lagi yang harus diselesaikan. Plus, besok itu ada ujian yang terberat di semester ini bagi saya dan beberapa teman IF tingkat tiga yang lain: Inteligensi Buatan.

UAS semester ini sebetulnya jadwalnya sudah cukup menguntungkan. Ada waktu yang cukup panjang yang dapat digunakan untuk belajar. Paling tidak, bisa dibuat untuk cicil dalam beberapa hari lah, tidak dengan sistem kebut semalam. Masalahnya, namanya mahasiwa ya ada saja yang jadi alasan untuk tidak belajar. Bayangkan saja, di hari pertama minggu UAS, beberapa dari kami masih sempat-sempatnya menonton The Avengers yang baru tayang di bioskop.

Khusus untuk kasus mata kuliah Inteligensi Buatan, atau kami biasanya menyingkatnya dengan sebutan “IB”, nampaknya menjadi persoalan tersendiri bagi kami dalam menghadapinya. Saat belajar, rasanya sudah bisa, tapi rasanya langsung tidak tahu apa-apa ketika sudah berhadapan dengan kuis atau ujiannya. Salah seorang teman sempat nge-tweet, “Untuk mata kuliah satu ini, soal-soal tahun sebelumnya tidak bisa menjadi patokan.”

Fortunately, kami diberikan bantuan dengan membuat cheatsheet dalam selembar kertas A4 bolak-balik dan ditulis tangan. Oh iya, saat ujian nanti juga akan diperbolehkan untuk membawa kalkulator sebagai alat bantu hitung (ya masa’ buat ngoding?). Namun, sepertinya ini juga membuat kami cukup khawatir, karena sepertinya ini akan menjadi sesuatu yang serius. 😐

Namun, ada satu hal yang menarik dari UAS ini. Saya senang melihat cheatsheet yang saya buat! 😀 Mengapa? Karena menarik saja melihatnya pada sekali dan, buat saya, cenderung rapi. Satu kertas itu bisa penuh dengan banyak tulisan. Ini ada foto yang saya ambil sebagai kenang-kenangan, karena pas UAS cheatsheet ini akan dikumpulkan juga (kalau tidak salah).

Cheatsheet gaul à la Ali Akbar
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s