Infantri Code Jam!

Hari ini (3/4) seru!

Apa yang seru?

Jadi, ceritanya ada tantangan untuk teman-teman IF-STI angkatan 2009 untuk mencoba coding. Namun, coding bukan sembarang coding, Kakak. Kali ini, para peserta diwajibkan untuk mengerjakan soal, yang mungkin sebenarnya cenderung gampang, tapi hanya dibolehkan dibuat dalam satu baris! Mantap ngga tuh?

Tidak berakhir di situ, sebagai seorang programmer yang baik, maka harus ada pula minuman penambah tenaganya. Jadilah campuran aneh bin ajaib itu. Minumnya sih memang sedikit-sedikit, tapi harus diminum tiap menitnya, penggunaan “enter”, gagal kompilasi, hasil salah, dan kalau menyerah.

Korban berjatuhan, kawan. Rata-rata, setiap peserta baru mampu menyelesaikan persoalan dalam 15-17 menit. Waktu tercepat dicatat oleh “orang ter-annoying seangkatan” dengan catatan waktu sekitar 14 menit. Namun, ada juga yang baru selesai setelah 20 menit.

Saya?

Waktu sudah menunjukkan pukul 16.30, yang berarti sudah sekitar 30 menit berlalu sejak saya memulai, dan kepala saya sudah mulai tidak bisa berpikir jernih lagi. Akhirnya, saya pun terpaksa menyerah, dan saya menjadi satu-satunya orang yang menyerah sampai saat ini. 😐 Masalahnya, saya jadi harus menghabiskan segelas campuran “laknat” tersebut. Hahaha… Yang bikin kesalnya, ternyata dari yang saya kerjakan hanya tinggal beberapa langkah lagi untuk bisa selesai.

Penasaran soal apa yang saya kerjakan?

Sebetulnya sederhana. Program akan menerima bilangan yang pasti ganjil (tidak perlu validasi masukan pengguna), dan harus menampilkan setengah bentuk belah ketupat. Yah, kira-kira jadi seperti gambar di bawah inilah.

Contoh eksekusi program dengan masukan pengguna "9"

Sepertinya memang kalau sudah urusan kompetisi, saya jadi sering tegang sendiri, susah untuk berpikir jernih. Karena, setelah saya menyerah dan shalat dulu, langsung terpikir solusinya. Saya segera tes setelah itu, dan ternyata solusi saya itu memang berjalan. Tinggal beberapa langkah lagi, kawan!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s