Mainan Menarik

Google Maps 8 bit

Mengingat zaman dulu, saat bermain game bukan karena grafisnya yang bagus, rasanya anak-anak yang lahir tahun 90an akan mengenal yang namanya Final Fantasy atau semacamnya. Beberapa mungkin memulainya dari Final Fantasy VII dan seterusnya, tapi saya termasuk orang-orang yang sempat bermain Final Fantasy IV dan V.

Dulu, saat masih cupu-cupunya, bermain Final Fantasy IV itu aneh menurut saya. Kok bisa grafis untuk potongan scene yang muncul di game tersebut – biasanya ada di awal atau di akhir game – itu 3D dan bagus sekali, tapi saat gameplay malah cuma 8 bit kotak-kotak. Sekarang, setelah tahu bagaimana susahnya membuat game, bahkan untuk yang 2D, baru mengerti mengapa hal itu bisa terjadi.

Agak mengherankan juga, mainan yang 8 bit seperti itu malah dulu bisa bikin keranjingan. Selain Final Fantasy, rasa-rasanya tidak sedikit yang mengenal Pokemon. Dari zaman Pokemon Yellow dulu yang per kota cuma satu warna utama, hingga yang sekarang sudah jauh lebih keren grafisnya. Namun, ternyata tetap Pokemon yang versi awal-awal itu selalu nostalgic dan nagih. Ingat tidak ketika zaman N-Gage sedang berjaya, emulator GB hingga GBA pun sempat meraja dan Pokemon menjadi pilihan utama permainannya. Wah, seru sekali, apalagi saat itu bisa menggunakan jaringan yang memungkinkan melakukan trade Pokemon, yang tidak mungkin dilakukan di emulator PC dulu.

Lucu ya, anak-anak zaman sekarang sepertinya lebih mementingkan grafis dalam memilih permainan. Hmm…

Eh, apa hubungannya dengan gambar di atas? Well, itu Google Maps 8 bit yang dibuat menyerupai peta pada game zaman dulu. Ini dibuat Google dalam rangka April Fools. Yah, walaupun saya tidak begitu suka dengan adanya April Fools, saya tetap suka dengan lelucon yang dibuat Google dua tahun terakhir. πŸ˜€

Iklan

2 tanggapan untuk “Mainan Menarik

  1. Haha, setuju li! I also found that those old games more addictive πŸ˜€

    eniwei, walau kesan yang dibawa april fool tidak baik, setidaknya google berhasil mengocok perut (tidak selebai itu juga sih), tanpa merugikan pihak manapun πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s